Saat anak lebih dekat dengan babysitter

Saat anak lebih dekat dengan babysitter

87

Q: Saya dan suami merupakan pegawai swasta, sehingga anak kami saat weekdays lebih sering dengan babysitter. Saat weekend, kami selalu meluangkan waktu untuk anak. Namun, terasa sekali efek kalau anak saya jadi lebih dekat dengan babysitter.

Sedikit-sedikit, anak saya jadi selalu nyariin babysitter daripada saya. Apakah mungkin saya perlu berhenti menjadi working mom, agar bisa lebih dekat dengan anak?

Cosmoners dari Jakarta

A:  Persoalan yang Anda hadapi adalah persoalan yang dialami hampir semua working mom. Namun, keputusan berhenti bekerja harus dipertimbangkan baik baik terutama soal ekonomi rumah tangga. Apakah tanpa anda bekerja, penghasilan suami mencukupi kebutuhan rumah tangga?

Kalau tidak, saran saya, jangan berhenti bekerja. Karena itu sama saja Anda menutup masalah yang satu (untuk lebih dekat dengan anak) dengan membuka masalah baru. Uang memang bukan segalanya, namun segala sesuatu perlu uang. Banyak cara untuk lebih dekat dengan anak, walaupun Anda bekerja, misalnya jangan megang anak hanya waktu weekend.

Setiap pulang kerja, anak harus Anda ambil dari baby sitter, bahkan kalau malam, anak tidur dengan Anda & suami. Memang Anda akan merasa lebih lelah mungkin dibanding meluangkan waktu di saat weekend saja. Tapi itulah pengorbananan sebagai orang tua.

Dan percayalah pada saya, itu perngorbanan yang “worth it” – yang sangat berharga. Karena ada saatnya nanti anak menjadi dewasa & justru kita yang akan “kehilangan” mereka, karena mereka punya acaranya sendiri- sendiri dengan teman – temannya. Maka nikmatilah saat- saat Anda masih bisa bersama anak sesering mungkin.

 

Cosmoners punya pertanyaan seputar pernikahan, keluarga, dan relationship? Kirim saja pertanyaan ke email digital@mramedia.com dengan Subject: Ask Diany Pranata.

Diany Pranata lahir di kota sejuk Bandung dan dibesarkan di Jakarta, 2 November 1970 ini. Sejak sepuluh tahun terakhir nama Diany, demikian panggilan akrabnya, seakan menyatu dengan bidang yang penuh ‘romantisme cinta’ yakni pernikahan. Profile lengkap klik di sini!