Saat berbeda pendapat dengan sang mertua

Saat berbeda pendapat dengan sang mertua

453

Q: Ketika sedang berbeda pendapat tentang anak dengan mertua, dan mertua cukup bersikeras karena beliau lebih berpengalaman, tapi saya ingin menolaknya baik-baik. Bagaimana caranya agar sang mertua mau menerima pendapat saya?

Cosmoners dari Jakarta

A: Cara agar mertua mau menerima pendapat kita, tidak lain hanya dengan terus-menerus berkomunikasi dengan mertua dengan kesabaran.

Kalau kita bantah, mertua akan marah. Jujur, kalau pengalaman pribadi, saya sudah membuat komitmen dari awal antara saya, orangtua dan mertua.

Bahwa ini adalah anak saya. Cara mendidik nya pun sesuai dengan kehendak saya. Namun, terkadang kita juga harus mendengar pendapat orang tua maupun mertua kita.

Pendapat itupun tidak harus ditelan bulat-bulat, harus disaring juga apakah sesuai dengan kita dan anak kita.

Karena setiap anak tidak bisa diperlakukan sama. Yang paling penting, keputusan akhir harus tetap di tangan kita sebagai orangtua.

 

 

Cosmoners punya pertanyaan seputar pernikahan, keluarga, dan relationship? Kirim saja pertanyaan ke email digital@mramedia.com dengan Subject: Ask Diany Pranata.

Diany Pranata lahir di kota sejuk Bandung dan dibesarkan di Jakarta, 2 November 1970 ini. Sejak sepuluh tahun terakhir nama Diany, demikian panggilan akrabnya, seakan menyatu dengan bidang yang penuh ‘romantisme cinta’ yakni pernikahan. Profile lengkap klik di sini!

[foto: scarymommy.com]

Baca juga:
Bagaimana menghadapi Si Kecil saat tantrum?
Ivania Carpio, fashion blogger dengan pakaian serba putih
Happy Hour with The Sasonos Family