Saatnya mengekspresikan diri dengan tepat!

Saatnya mengekspresikan diri dengan tepat!

86

Breakfast Club bersama Novita Angie dan Lembu Wiworo Jati berdiskusi bersama Alexander Sriewijone dari Daily Meaning mengenai “Becoming an emotionally leader” dalam Cosmopolitan Career.

Untuk menjadi pemimpin yang impactful memang susah-susah gampang. Tidak hanya logika, unsur emosi atau perasaan akan ikut andil. Apakah masih tepat jika seorang pemimpin itu emosional?

“Emosional itu sendiri kan sama seperti ekspresif ya. Ya bagaimana cara kita untuk dapat mengekspresikan diri. Nah, yang salah itu kalau kita mencampur adukkan permasalah pribadi dengan masalah pekerjaan.”

Menurut Alex, banyak orang yang salah mempersepsikan tentang pemimpin yang emosional. Emosional itu mengenai perasaan kita. Namun, pada bahasa yang kita gunakan sehari-sehari, emosional lebih dikenal dengan marah-marah. Jadi semua kembali kepada culture-nya.

Berikut ada tips dari Alex agar kita dapat memasukkan unsur pribadi untuk dapat mengelola emosi saat sedang memimpin.

“Kata kuncinya adalah dampak. Jika kita tidak melibatkan perasaan dan hasilnya lebih optimal, lebih baik jangan menggunakan perasaan. Ataupun sebaliknya. Intinya kita pasti ingin mendapatkan hasil yang optimal ya. Tinggal kita sesuaikan saja.”

Emotinal awareness, salah satu skill yang harus dimiliki leader. Kita harus mampu untuk aware terhadap lingkungan pekerjaan kita. Selain kita memperhatikan emosi diri sendiri, ada baiknya juga untuk memperhatikan emosi orang lain. Hal ini sangat diperlukan dalam konteks pekerjaan.

Selain itu, bagaimana cara kita untuk mengungkapkan emosi itu sendiri. Kita harus mampu menempatkan emosi secara tepat, dalam situasi yang tepat, dan yang pasti memiliki dampak yang tepat. Jangan sampai mempersulit diri sendiri deh pokoknya, Cosmoners!

Sebelum berpisah dengan Angie dan Lembu, Alex punya pesan-pesan untuk Cosmoners nih!

“Emosional itu tetap ok ya. Jangan dilihat tentang marah-marahnya saja. Tapi bagaimana cara mengekspresikan emosi yang benar. Kalau anda bukan tipe yang ekspresif, pilihlah dengan cara anda sendiri, dan yang pasti tetap berdampak positif.”

[teks Adhi Satria | foto huffingtonpost.com]

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

Baca juga:
3 Sosok transgender yang menjadi icon kosmetik
5 Tas mini buatan lokal
Cara tepat merawat kain tenun agar awet