Sarapan: jus jeruk atau susu?

Sarapan: jus jeruk atau susu?

114

Cosmoners penggemar jus? Di Amerika, jus jeruk menjadi minuman sehat favorit yang dikonsumsi saat sarapan.

Namun, apakah minuman ini baik diminum saat sarapan? Karena meskipun cukup digemari, ternyata minuman ini memiliki kandungan gula yang tinggi. Apalagi jus dalam bentuk kemasan.

Yuk cari tahu fakta mengenai jus jeruk dan susu!

Jus jeruk

Sisi positif: Minuman ini kaya akan vitamin C, antioksidan tinggi yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari, dan juga otak dari polusi udara atau lingkungan. Dalam segelas jus jeruk dengan volume sekitar 8 ons mengandung 110 kalori.

Sisi negatif: Jus jeruk yang terlalu banyak dikonsumsi sebenarnya berdampak buruk bagi enamel gigi. Menurut sebuah penelitian, orang yang minum jus jeruk setiap hari mengalami penurunan kekerasan enamel sampai 84 persen. Tidak hanya Jus jeruk, minuman buah lain juga memiliki efek yang sama.

Kami memilih jus jeruk dalam penelitian ini karena ini adalah jus paling poluer. Tetapi kebanyakan buah punya tingkat keasaman (pH) di bawah 4 (yang sangat asam), untuk mencegah pertumbuhan bakteri,” menurut peneliti Yanfeng Ren, PhD.

Susu

Sisi positif: Susu mengandung 20 persen asupan protein yang dibutuhkan tubuh, dan juga kalsium. Penelitian mengatakan, orang yang minum susu di pagi hari cenderung tidak makan berlebihan saat makan siang. Penyebabnya karena rasa puas alami dari protein. Kalsium juga membantu mengatur hormon yang mengendalikan berat badan.

Sisi negatif: Susu mengandung lemak jenuh, yang dapat memicu risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, atau diabetes, kecuali anda memilih susu rendah lemak.

So, keduanya memiliki sisi posisi dan negatif. Namun, segelas susu di pagi hari lebih aman untuk dipilih sebagai pilihan sarapan. Ren menyarankan untuk memilih susu organik.

Bukan hanya bebas dari residu pestisida dan hormon, tapi juga mengandung antioksidan 75 persen lebih tinggi, vitamin E lebih banyak, dan juga asam lemak omega-3.

Bagi Cosmoners pecinta jeruk, akan lebih aman untuk mengonsumsinya secara langsung karena lebih aman untuk kesehatan gigi.

[teks Angelita Christy, Cosmoners dari Universitas Multimedia Nusantara | foto healthsomeness.com]

Baca juga:
9 Film box office di tahun 2017
Kate Upton and Justin Verlander are officially married!
Trailer “Fifty Shades Freed” resmi dirilis!