Selai nanas untuk nastar, diparut atau diblender?

Selai nanas untuk nastar, diparut atau diblender?

434

Cosmoners, kalian pasti suka banget sama nastar ‘kan? Nastar adalah kue yang identik dengan lebaran. Hayo, pada habisin berapa toples nastar setiap lebaran nih, Cosmoners?

Buat kalian yang mau coba bikin nastar sendiri, ada tips nih biar selai nanasnya tetap renyah, legit dan segar.

Untuk membuat selai nanas yang enak, sudah pasti kita harus pilih jenis nanas yang manis tapi tidak terlalu banyak airnya. Seperti nanas Bogor, nanas madu ataupun nanas Palembang dan Blitar. Sebaiknya kalau mau untuk bikin kue nastar, jangan pake nanas Subang ya! Karena mengandung terlalu banyak air.

Setelah dikupas sampai bersih, taburi sedikit garam dan diamkan dulu sebentar. Selanjutnya kita parut deh nanasnya pakai parutan kelapa dengan arah memanjang.

Kenapa harus begitu? Biar nanasnya terserut kasar. Nah, pas jadi selai, digigitnya akan terasa renyah, Cosmoners! Banyak juga yang memakai cara praktis, menghaluskan nanasnya dengan blender.

Bisa aja sih, tetapi nantinya nanas akan terlalu berair dan bentuknya jadi kaya bubur. Waktu dimasak jadi selai juga butuh waktu yang lebih lama dan selai gampang hangus.

Selanjutnya, jangan berlebihan taburin gula pasirnya ya. Tambahkan gula waktu air nanas udh abis atau mulai kering. Agar gula nggak jadi gosong dan selainya jadi keras.

Sebelum diisikan ke adonan nastar, bentuk selai nanasnya jadi bola-bola kecil terlebih dahulu. Agar lebih mudah dan cepat dalam proses pembuatan nastarnya.

Semoga bisa membantu Cosmoners yang mau bikin nastar sendiri ya lebaran tahun ini!

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

[teks Adhi Satria / sumber food.detik.com | foto resepkuekeringku.com]

Baca juga:
Miley Cyrus mengambil alih acara Jimmy Fallon!
Disney mempersembahkan “Olaf’s Frozen Adventure”
Coldplay rilis lagu romantis baru yang menghipnotis