Sinta Tantra, seniman keturunan Indonesia kelas internasional

Sinta Tantra, seniman keturunan Indonesia kelas internasional

844
kejaraurora.org
kejaraurora.org

Nama seniwati muda keturunan Indonesia yang kini menetap di London, Sinta Tantra, mungkin terdengar asing di telinga Cosmoners. Namun karya-karya gadis berdarah Bali ini ternyata diapresiasi secara internasional lho.

Kabar yang paling baru adalah Sinta mendapat kepercayaan untuk membuat instalasi seni untuk publik oleh Pemerintah Korea Selatan. Ia diminta untuk membuat lantai lukisan yang spektakuler sebagai bagian dari program utama seni publik yang akan melibatkan seniman Korea maupun internasional. Diperkirakan instalasi seni karyanya akan selesai pada September 2015 mendatang.

Instalasi tersebut akan ada di dalam kota Songdo yang baru dibangun di Korea. Kota Songdo sendiri disebut-sebut bakal menjadi kota masa depan dan utopia teknologi tinggi di Korea.

Terletak di tepi laut, ukuran karya seni Sinta akan lebih dari 3.000 meter persegi. Karya seni tersebut merupakan bagian dari rencana pembangunan 10 tahun kota Songdo yang telah dibangun di atas 1.500 hektar tanah yang terletak 35 mil (56 km) dari ibukota Seoul. Kota Songdo sendiri tercatat sebagai pengembangan private real estate yang termahal dan terbesar dalam sejarah.

Seni instalasi ini bukanlah yang pertama bagi Sinta, Cosmoners. Sebelumnya di tahun 2012, ia dipercaya untuk menangani lukisan dinding jembatan sepanjang 150 meter lebih yang membentang di atas Sungai Themes, London. Jembatan tersebut diresmikan pada Juli 2012 bertepatan dengan pelaksanaan Olimpiade London 2012.

Bagi Cosmoners yang penasaran dan ingin melihat langsung karya-karya perempuan berusia 35 tahun ini, Sinta Tantra akan hadir dalam pameran ART|JOG yang akan diselenggarakan pada 6-28 Juni mendatang di Taman Budaya Yogyakarta. Untuk merayakan 8 tahun ART|JOG tahun ini, salah satu karya Sinta, Colour Flux Ping Pong, akan ditampilkan dalam instalasi interaktif di mana pengunjung dapat berpartisipasi dalam permainan ping pong.

Selain Sinta, akan hadir banyak seniman-seniman Indonesia maupun internasional. Jangan sampai ketinggalan ya Cosmoners.