Sutradara Livi Zheng berbagi cerita bisa masuk Oscar 2015 di Diary Dave

Sutradara Livi Zheng berbagi cerita bisa masuk Oscar 2015 di Diary Dave

532
Livi Zheng

Dalam program Diary Dave yang tayang setiap Kamis pukul 19.00-20.00 WIB, beberapa waktu lalu, Dave Hendrik kedatangan tamu sutradara asal Indonesia Livi Zheng, yang filmnya, masuk dalam pilihan untuk nominasi Oscar 2015. Film yang disutradarainya itu bertitel Brush With Danger.

“Film ini tersinpirasi dari para imigran seluruh dunia, terutama pas aku tinggal di Seattle , banyak banget orang-orang dari luar negeri ke Amerika. Dan teman dekatku itu dari Etiophia, dia ke Amerika sendirian, kabur dari negara asalnya karena ada perang. Nggak punya keluarga, teman, benar-benar sendirian. Terus lihat bagaimana dia berjuang sampai akhirnya dia bisa sukses,” cerita Livi dengan semangat.

Ceritanya bisa masuk Oscar 2015
“Waktu itu pas bikin film, inginnya cuma dapat masuk bioskop saja. Karena di Amerika setiap tahunnya itu ada sekitar 40-50 ribu film yang diproduksi, tapi kurang dari 10 persen saja yang berhasil masuk ke bioskop. Dan film ini kesampaian masuk bioskop. Itu sudah senang banget.

“Dan tiba-tiba setelah tayang sekitar 2 mingguan, dapat surat dari Badan Penyelenggara Oscar. Kaget banget kan, aku pikir spam. Ya udah dicuekin saja. Terus minggu depannya mereka email lagi, ‘kamu terima nggak email dari kita, terima-terima’, terus mereka bilang minta dikirim skenarionya untuk jadi koleksi, bisa lewat pos atau diantar. Karena aku masih belum percaya jadi aku antar sendiri, dan ternyata benar.

“Itu juga masih belum PD. Jangan-jangan salah nama. Tapi setelah Badan Penyelenggara Oscar ngerilis nama-nama filmnya, baru pas di situ, ohhh this is happening!”

Tayang di Indonesia
Livi Zheng saat ini sedang melanjutkan S2 jurusan production film di Los Angeles, mengaku sedang cuti karena filmnya Brush with Danger akan tayang di Indonesia. Brush With Danger bisa Cosmoners saksikan di bioskop di Indonesia, mulai 26 November ini.

“Aku memang mau film aku ini ditonton oleh semua orang di Indonesia, keluarga aku di sini semua, and I will stay in here setelah semua project selesai,” jelas Livi.

Saat ini Livi sedang menggarap film ketiganya. Dan semoga bisa kembali sukses seperti film pertamanya. [teks Jane Gunawan | foto ist]