Tip makeup natural dari Ryan Ogilvy

Tip makeup natural dari Ryan Ogilvy

174

Sering terkagum dengan kecantikan riasan wajah yang terlihat sempurna dari deretan selebriti ternama seperti Velove Vexia dan Dian Sastrowardoyo? Ryan Ogilvy lah yang berada di balik permainan warna yang menempel pada wajah cantik mereka.

Namun, karier Ryan Ogilvy tak hanya sebatas penata rias selebriti saja, ia juga merupakan Official Makeup Artist untuk Maybelline Indonesia dan menjadi satu-satunya penata rias asal Indonesia yang berpartisipasi di New York Fashion Week.

Banyak wanita yang terkadang menganggap sepele riasan yang terkesan sederhana dan natural, namun jangan salah, tata rias tersebut justru memerlukan teknik makeup yang sedemikian handal, sehingga hasil akhirnya memberikan Anda kesan segar tanpa berlebihan.

Berikut, Ryan Ogilvy telah menjabarkan cara mendapatkan riasan wajah natural yang menjadi signature look dengan cara menonjolkan fitur terbaik Anda.

1. Moisturize, moisturize, moisturize
Ryan mengatakan bahwa perawatan kulit sangat krusial untuk mencegah kulit dehidrasi. Pertama, pastikan muka Anda bersih, dan lanjutkan dengan menerapkan pelembap.

“Pelembap tak hanya membuat kulit terasa lebih segar, namun juga membuat foundation mudah dipulaskan diatasnya. Jadi kuncinya adalah moisturizer untuk terlihat maksimal!” Ujar Ryan.

Jika Anda mempunyai jenis kulit berminyak dan enggan memakai pelembap, Ryan menganjurkan untuk memakai mattifying moisturizer, selain dapat mengontrol produksi minyak di wajah, kulit wajah Anda juga tidak akan terlihat shiny.

2. Dewy is Pretty
Sejak tahun 2005, Ryan mengaku bahwa ia tidak pernah memakai foundation bubuk atau krim padat karena membuat kulit kliennya terlihat matte dan powdery.Saya lebih suka riasan yang mengarah ke natural dewy,” ujarnya.

Ia lebih memilih liquid foundation karena membuat kulit lebih glowy dan terlihat muda, sekaligus mudah diaplikasikan baik dengan kuas atau dengan jari tangan. Ryan juga merekomendasikan BB Cream atau BB Cushion untuk wanita yang lebih memilih lightweight coverage.

Lanjutkan dengan concealer yang bertekstur creamy untuk mengoreksi area ketidaksempurnaan pada kulit, seperti lingkaran hitam di bawah mata atau noda bekas jerawat.

3. Rona Pipi

Untuk hasil yang lebih natural, Ryan lebih menggemari blush bertekstur krim karena dapat memberikan efek wajah yang terlihat sehat dan bersemu. Keuntungan menggunakan blush jenis ini adalah Anda dapat membaurkannya hanya dengan jari sehingga mengurangi waktu di pagi hari.

Namun, jika ingin menggunakan kuas, “pastikan kuas yang digunakan adalah stippling brush, lalu sapukan kuas ke pipi perlahan-lahan tanpa tekanan.” ujar Ryan. Warna blush jenis krim akan terlihat lebih natural karena cepat menyerap pada kulit dan memberikan kilap natural kepada wajah.

4. Bingkai Alis Anda
Ryan menganggap alis sebagai hal terpenting dalam membingkai wajah, dikarenakan hanya dengan sedikit pulasan dapat membuat Anda terlihat lebih hidup. Ia mengaku bahwa ia lebih menggemari alis natural dan datar, ketimbang tren ‘Instagram Brow’ yang sekarang sedang naik pamor.

Tekan Brow Pomade dari bagian dalam ujung alis hingga bagian luar batas alis. Dikondisikan bentuk alisnya, jika alis Anda terpotong, bisa di support memakai kuas atau pensil alis. Kemudian, sisirlah rambut alis Anda agar hasilnya terlihat lebih terawat,” ujar Ryan.

5. Perjelas Mata
Lanjutkan dengan menjepit bulu mata dengan eyelash curler, lalu sapukan maskara secara menyeluruh. Ryan selalu memilih maskara dengan efek lengthening dan waterproof yang dapat membuat mata Anda terbuka seketika serta tidak luntur saat berkeringat.

Jika Anda ingin lebih menonjolkan riasan mata, pulas tipis eyeshadow dengan warna bronze, taupe, atau rose gold, lalu jangan lupa blend untuk memberikan dimensi lebih kepada mata. Hindari warna mencolok seperti hijau atau biru karena akan terlihat tidak natural,” tutur Ryan.

6. Have Fun With Your Lips!
Lipstik adalah senjata wanita untuk tampil lebih percaya diri. Untuk memberi kesan natural dan tetap cantik, Ryan sarankan untuk menggunakan warna soft pink, coral atau nude dengan tekstur yang melembapkan pada siang hari.

Dan saat malam datang, Anda bisa memulaskan bibir dengan warna yang lebih berani seperti merah, berry, atau plum. Ryan menyarankan untuk menghindari warna berani untuk riasan natural, jika Anda ingin memakai warna tersebut, bisa meraih lip stain atau tinted balm dan baurkan dengan jari manis secara perlahan.

7. Jangan Lupa Touch-Up
Agar riasan wajah melekat sempurna sepanjang hari, Ryan menyarankan untuk selalu membawa powder compact untuk touch-up. Jika Anda mempunyai kulit berminyak, trik Ryan adalah untuk mengambil kertas minyak dan melipatnya di bawah sponge, lanjutkan dengan menepuk-nepuk wajah secara perlahan.

Cara tersebut akan menjaminkan minyak kulit untuk lebih terserap tanpa menghancur riasan wajah Anda. Untuk wanita dengan jenis kulit kering, semprotkan facial spray atau face mist dengan bahan aktif yang menghidrasi, lalu diamkan sampai kering.

(Foto: Ryan Ogilvy, Dok. Harper’s Bazaar)

Source: Harpers Bazaar Indonesia

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

Baca juga:
Ed Sheeran berhenti aktif di Twitter
Filosofi Kopi 2: Ben & Jody siap menghibur Anda!
Michael Kors dan Tatler adakan pameran English Roses