Tips pintar kelola uang saat harga meningkat

Tips pintar kelola uang saat harga meningkat

137

We know it, darling. Rasanya ingin menjerit setiap kali melihat harga kopi di coffee shop favorit (bahkan, harga apel di supermarket) yang semakin meningkat. Akan tetapi, bukan Cosmo namanya kalau tidak menemukan solusi buat Anda. Baca sampai habis untuk tahu bagaimana cara pintar mengelola uang saat harga barang semakin mahal.

Potong Pengeluaran Tersier

Okay, mungkin Anda tidak bisa kalau tidak minum kopi di pagi hari. Namun, bisa kan sebenarnya Anda bikin kopi sendiri di rumah dan tidak perlu melulu beli kopi di coffee shop? Dikutip dari Vice, survei yang dilakukan oleh SurveyMonkey untuk aplikasi investasi Acron menemukan sebanyak 44 persen wanita millennial berusia 18-35 tahun menghabiskan lebih banyak uang untuk kopi pagi daripada menabung. Uh-oh!

Nah, jadi tidak ada salahnya kok mengurangi frekuensi membeli kopi di coffee shop. Anda juga bisa mengurangi pengeluaran tersier lainnya, seperti makan siang di restoran, dinner mewah setiap kali kencan dengan si dia, bahkan jajan bubble tea di sore hari yang terik.

Cari Barang Subtitusi

Cara lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan mengganti menggunakan barang yang harganya lebih murah. Kalau memang harga foundation yang biasa Anda pakai bikin “nangis”, tidak ada salahnya cari pengganti dengan harga yang lebih murah.

Hey, tidak semua barang yang lebih murah pasti punya kualitas yang lebih rendah. Kalau saran Cosmo, sebaiknya cek dulu review barang yang mau Anda beli di majalah atau di internet (pastinya di majalah dan webiste Cosmo, dong!). Atau tanya saja ke the girls!

Ubah Kebiasaan Hidup

Well, mau tidak mau kalau ingin berhemat Anda memang harus mengubah kebiasaan hidup. Membiasakan diri untuk hidup on budget sangat penting ketika menghadapi situasi harga yang terus menanjak. Anda bisa mulai melakukannya dengan rajin mencatat pengeluaran setiap bulan dan menyesuaikannya dengan penghasilan saat ini. Kalau malas mencatat di buku, pakai saja aplikasi keuangan. It’s a lot easier and more fun! (Hana Devarianti/SW/Image: outnow.ch)

Source: Cosmopolitan Indonesia

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

Baca juga:
Jaz, warga negara Brunei yang cinta Indonesia!
Spotted: Cara Delevingne mengenakan Burberry
Kenalan sama Naomi Scott, pemeran Jasmine di live action Aladdin