Tren Gentle Birth di Indonesia

Tren Gentle Birth di Indonesia

644

Melahirkan tanpa sakit? Dyah Pratitasari dan Riyana Kadarsari dari Komunitas Gentle Birth Untuk Semua bercerita pada Dave Hendrik di Diary Dave. Mau tahu kisahnya?

Saat ini tren gentle birth sedang hits di tengah komunitas ibu-ibu di Indonesia. Gentle birth merupakan persalinan yang lembut dan mengandalkan unsur alamiah dalam tubuh manusia. Banyak orang menyalahartikan gentle birth dengan melahirkan di air. Proses persalinan secara alamiah dipandang sebagai momen holistik, yaitu momen persalinan yang patut dirayakan.

Pada 19 Maret 2015 lalu, Riyana dan Dyah mengungkapkan bahwa peran aktif sang ibu saat proses kelahiran serta dukungan dari orang terdekat khususnya suami menjadi unsur yang sangat penting.

Gentle birth memandang nyeri proses persalinan sebagai mekanisme alamiah. Nyeri tidak dihindari dan dihilangkan, melainkan dikelola. Untuk mengelolanya, para ibu perlu memahami apa yang terjadi di dalam tubuhnya sendiri. Selain itu, ibu juga perlu menjaga pola makan, gaya hidup, latihan fisik, dan belajar rileks bila ingin mengelola rasa nyeri saat persalinan.

Saat melakukan gentle birth, ibu dan suami perlu mempersiapkan mental. Peran suami juga begitu besar dalam mendukung proses persalinan. Persiapan mental pasangan bisa dilakukan dengan cara datang ke workshop rileksasi dan mengetahui nutrisi untuk ibu hamil.

Berdirinya Komunitas Gentle Birth Untuk Semua diawali oleh adanya beberapa ibu yang sudah mempraktikannya dan merasakan manfaat gentle birth itu sendiri. Saat ini komunitas ini sudah dilaksanakan di Duren Sawit, Depok, serta Semarang. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di komunitas ini, mulai dari diskusi online sampai latihan yoga untuk ibu hamil.

Dengan melakukan gentle birth, ibu bisa ikut membantu menurunkan angka kematian pada bayi yang baru lahir. Oleh karena itu, ibu perlu memberdayakan dirinya dan memanfaatkan peran suami serta dukungan keluarga seefektif mungkin.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai Komunitas Gentle Birth Untuk Semua-GBUS, Cosmoners bisa follow Twitter @komunitasgbus, atau klik komunitasgentlebirth.net.

Mau tahu kisah inspiratif lainnya? Dengarkan obrolan inspiratif Dave Hendrik di Diary Dave setiap hari Kamis, pukul 19.00-20.00 WIB. Stay tuned!  [teks @fffionayh | foto Ist]