Trik menyiasati rasa cemas berlebihan

Trik menyiasati rasa cemas berlebihan

57

Menghadapi kencan pertama hingga presentasi proyek besar di kantor wajar jika Anda kerap merasa gelisah hingga sulit fokus dan rasa tak nyaman. Tapi tentunya Anda tak ingin rasa ini mengganggu aktivitas, bukan? Berikut cara Cosmo menyiasatinya.

Olahraga
Dengan rutin berolahraga, aliran darah dalam tubuh Anda akan meningkat hingga otak mampu memberikan respon baik terhadap kegelisahan berlebih yang sebabkan stres. Bahkan sebuah studi menyatakan bagi para individu yang rutin berolahraga berhasil menurunkan 20% rasa gelisah dalam diri.

Tarik Napas Dalam
Kendati terkesan klise, ini merupakan cara paling instan buat tubuh kembali relaks. Pasalnya saat Anda melakukan pernapasan yang dalam, aliran oksigen ke otak akan lancar dan menstimulasi sistem di dalamnya buat tubuh Anda jadi lebih tenang. Anda bisa luangkan waktu untuk meditasi selama 30 menit setiap harinya buat kinerja otak lebih baik dan tubuh kian relaks.

Konsumsi Makanan Yang Kaya Omega-3
Paling mudah bisa Anda dapati pada ikan-ikanan seperti salmon. Sebuah penelitian menyatakan bahwa omega-3 mampu bantu mengurangi kecemasan dalam diri. Rutin mengonsumsi makanan dengan sumber omega-3 seminggu 3x adalah dosis tepat buat tubuh Anda lebih relaks dan tak mudah gelisah.

Minum Teh Beraroma Chamomile
Mengandung efek sedatif, dalam chamomile terdapat apigenin, flavonoid yang mampu bantu kerja otak dalam memerangi kecemasan secara umum. Saat cemas, bersantai sembari menyeduh teh dan menikmati aroma chamomile bisa bantu membuang kegelisahan berlebih yang Anda rasakan.

Mencari Kehangatan
Rasanya menikmati berendam dengan air hangat di tengah rasa cemas yang Anda rasakan adalah hal pertama yang terlintas dipikiran Anda. Bukan hanya rasa relaks, rasa hangat pada tubuh ini akan bantu otak Anda menekan produksi sorotinin penyebab stres dan dengan mudah menciptakan mood baik Anda secara instan. (Irfina Indriyani / SW / Image: FGC / Shutterstock / Clickphoto)

Source: Cosmopolitan Indonesia

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

Baca juga:
Sekilas, 8 selebriti ini wajahnya sangat mirip!
Rumitnya kehidupan Gru dalam Despicable Me 3
Mengenal Haute Couture dalam dunia fashion