Why we hate meetings?

Why we hate meetings?

239

Banyak orang yang suka dengan meeting, tetapi ada juga yang tidak suka dengan meeting. Kira-kira apa ya penyebabnya, Cosmoners?

Masih di Cosmopolitan Career bersama Novita Angie, Lembu Wiworojati, dan Alexander Sriewijono yang membahas tentang seberapa pentingnya meeting.

Ada pekerja yang diharuskan meeting dua sampai tiga kali dalam sehari, lalu baru melakukan pekerjaan sehari-hari mereka. Sebenarnya hal seperti ini dapat membuat mereka tidak produktif. Itu yang menjadi faktor utama kebanyakan orang tidak suka dengan meeting.

Lalu, banyaknya agenda yang tidak teratur, membuat mereka juga tidak suka dengan meeting, karena mengganggu produktivitas mereka.

Meeting yang baik dan efektif yang pertama adalah “spend time to save time later“. Bagaimana kita bisa menghemat waktu untuk bisa lebih produktif antara meeting dengan pekerjaan lain yang kita kerjakan. Yang kedua, kita harus mengundang client yang tepat.

Pemilihan client yang tidak tepat, tidak adanya agenda yang jelas, serta yang dilakukan hanya discuss tetapi tidak ada keputusan yang jelas, merupakan hal-hal yang membuat meeting menjadi tidak efektif.

Ada beberapa perusahaan yang memiliki metode khusus dalam melakukan meeting. Salah satunya Disney yang merupakan perusahaan media kreatif dalam pembuatan film animasi untuk anak, tetapi para pekerja di dalamnya kebanyakan orang dewasa yang juga memiliki ego tinggi. Sehingga mereka memakai tiga ruangan untuk meeting yang sama supaya mindset-nya terbentuk.

Di ruangan pertama mindset yang terbentuk dinamakan “dreamer room” yang di dalamnya, terdapat aturan tidak boleh memotong setiap pendapat yang ada karena dianggap akan menghambat kreativitas.

Ruangan kedua dinamakan “realize room“. Seberapa sulit proses produksi yang dibuat, dan bagaimana marketing-nya dibahas dalam ruangan ini.

Dan ruangan ketiga dinamakan “critics or spoilers room“, dimana di ruangan tersebut dipakai untuk membahas ide kreatif yang terpilih.

Di Indonesia sendiri, bagaimana kita bisa menerapkan metode khusus dengan pola yang dipakai perusahaan luar dengan cara memanfaatkan waktu dengan baik, tentu dengan agenda yang jelas.

Kita juga harus memiliki goal sebelum melakukan meeting, sehingga apa yang ditargetkan tercapai di akhir meeting.

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

[teks Miranti | foto bbc.co.uk]

Baca juga:
Deretan buku yang bisa membuat Anda menangis terharu
Massimo Giorgetti luncurkan koleksi MSGM p.m
Kim Kardashian dan Kylie Jenner lansir kosmetik terbaru