Yang perlu diketahui tentang sunblock wajah

Yang perlu diketahui tentang sunblock wajah

172

Cosmoners, tinggal di negara tropis seperti Indonesia tentunya tidak lepas dari cahaya matahari. Semakin terik matahari, tentunya bisa berpengaruh pada kulit kita.

Meski sudah ada skincare untuk masalah perlindungan kulit, namun perlu dipahami lebih lanjut mengenai skincare yang digunakan. Seperti sunblock yang berguna untuk melindungi kulit wajah.

Pahami lebih dalam mengenai fakta-fakta sunblock berikut ini!

Perlindungan SPF

Apa yang dimaksud dengan SPF? SPF merupakan singkatan untuk Sun Protection Factor. SPF berfungsi meningkatkan durasi perlindungan kulit Anda dari paparan sinar UVB, yaitu bagian dari sinar matahari yang menyebabkan kulit memerah hingga terbakar. Masih bingung? Perhatikan contoh berikut:

Kulit Jasmine mampu menahan paparan sinar matahari selama 10 menit sebelum kulitnya terbakar. Jika ia menggunakan tabir surya dengan SPF 50, maka durasi perlindungan kulit yang akan ia dapatkan adalah:

10 (menit) x 50 (spf)= 500 menit

Jadi, pilih tabir surya dengan tingkat kandungan spf yang sesuai dengan aktivitas dan kebutuhan Anda. Namun formula SPF hanya efektif untuk melindungi kulit Anda dari sinar UVB saja, bagaimana dengan sinar UVA?

Kegunaan kandungan PA+ hinga PA++++

PA merupakan singkatan dari Protection Grade from UVA. Sinar UVA sendiri merupakan bagian dari sinar matahari yang dapat menimbulkan kerusakan kulit lebih dalam dan memicu timbulnya tanda penuaan.

Pada label produk, singkatan PA kerap diikuti oleh tanda (+) yang menunjukkan lamanya durasi perlindungan.

PA+ dapat melindungi kulit Anda dari sinar UVA selama dua sampai empat jam, PA++ empat sampai delapan jam, PA+++ melindungi lebih dari delapan jam, dan PA++++ mampu melindungi hingga 10 jam.

Maka untuk mendapatkan perlindungan menyeluruh, pilih tabir surya berlabel broad spectrum yang memberikan perlindungan SPF sekaligus PA.

Perlukah menggunakan tabir surya di bawah alas bedak yang sudah mengandung formula sun protection?

Tidak. Foundation atau cushion makeup yang dilengkapi dengan SPF dan PA sudah cukup untuk beraksi sebagai pelindung kulit Anda terhadap sinar matahari.

Jika terlalu banyak melapisi wajah dengan formula perlindungan matahari yang cukup pekat, pori-pori akan mudah tersumbat. Pastikan saja alas bedak Anda sudah mengandung SPF dan PA yang cukup.

[sumber Her World Indonesia | foto GettyImages]

Baca juga:
Tips untuk Anda yang ingin tampil boyish
6 Gaya sporty untuk wanita karier
Kemudahan dalam menggunakan uang elektronik