Yuk, ajarkan Si Kecil menyikat gigi sendiri

Yuk, ajarkan Si Kecil menyikat gigi sendiri

161

Tentunya Moms, mengajarkan Si Kecil untuk melakukan kebiasaan baik memang tidak selalu mudah. Kita perlu memiliki strategi agar anak mau melakukan kebiasaan baik. Nah, salah satu kebiasaan baik yang perlu dilatih sejak dini adalah menyikat gigi.

Mengajarkan anak menyikat gigi memang tak semudah mengucapkannya, ya Moms. Tapi, Anda tidak boleh menyerah. Yuk, sebisa mungkin ajarkan Si Kecil agar bisa menyikat giginya sendiri sebelum ia berusia 7 tahun. Nah, berikut trik yang bisa Anda coba:

1. Jadilah Role Model
Percayalah Moms bahw Anda adalah role model bagi Si Kecil. Ya, apapun kegiatan Anda, biasanya akan selalu diikuti oleh Si Kecil. Maka manfaatkan kesempatan ini dengan sering memberikan contoh yang baik. Salah satunya, menjai role model membiasakan menyikat gigi setelah bangun tidur pagi dan sebelum tidur malam. Ini rutinitas yang harus dilakukan sehingga anak jadi terbiasa menyikat gigi sendiri tanpa harus disuruh atau bahkan dipaksa terlebih dulu.

2. Tidak Membuat Si Kecil Takut
Hindari membuat Si Kecil merasa takut ke kamar mandi atau takut menggosok gigi, ya Moms. Hindari juga menggunakan kalimat negatif, seperti “Kalau tidak gosok gigi nanti giginya dipatok ayam, lho!” Tetap gunakan kalimat wajar, seperti “Kalau habis makan cokelat, gigi perlu disikat agar makanan yang tersisa di gigi bisa hilang dan tidak ada kuman di gigi .”

3. Menyenangkan
Buatlah aktivitas menggosok ini menyenangkan. Bernyanyi ketika sikat gigi atau memilih sikat gigi yang menarik dengan rasa pasta yang Si Kecil suka dapat membuatnya semangat menyikat gigi. Terkadang, pasta gigi dapat membuat Si Kecil jadi malas menyikat gigi. Karena itu, pilihlah pasta gigi dengan rasa favoritnya! (Seva/HH/Dok. freepik)

Source: Mother & Baby Indonesia

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

Baca juga:
Kenalan sama Naomi Scott, pemeran Jasmine di live action Aladdin
5 Gaya red carpet favorit Jennifer Lopez
Kylie Jenner rayakan ulang tahun dengan kosmetik baru