Cara agar tetap positif menghadapi perilaku anak

Cara agar tetap positif menghadapi perilaku anak

748

Menjalani peran sebagai ibu memang banyak sekali tanggung jawabnya. Pembagian waktu antara tugas dan pekerjaan rumah tangga terkadang terasa menjadi beban.

Maka dari itu banyak yang memilih untuk memberikan tugas pengasuhan anak kepada ART (Asisten Rumah Tangga).

Dalam ParenThink bersama Mona Ratuliu dan Yarra Aristi kali ini membahas tentang pengasuhan anak.

Seorang ibu sebagai sumber kasih sayang keluarga harus bisa menghadapi anak dengan benar, karena pada dasarnya seorang ibu ingin menjadi teman anak, bukan menjadi orang yang menyebalkan.

Tapi, namanya menghadapi anak dan juga tanggung jawab keluarga yang ditanggung membuat beberapa wanita tidak bisa mengontrol emosi, sehingga bukannya bertindak halus, malah terkadang menyebarkan energi negatif kepada anak.

Sebagai orang tua tentunya kita harus menjalani dan memahami peran kita yaitu dengan cara memahami dunia anak.

Jika terkadang ada rasa kesal dalam menghadapi anak, ingatlah bahwa banyak orang tua di luar sana yang belum diberi karunia terindah. Maka dari itu, jangan lupa juga untuk bersyukur.

Selain itu, tidak lupa juga untuk menghadapi segalanya dengan kasih sayang dan kelembutan dalam menghadapi anak, dibanding dengan marah dan mencubit. Berikanlah senyuman dan teguran kepada anak sehingga anak merasa nyaman.

Disiplinkan anak dengan bicara yang halus dan terapkan beberapa aturan, namun aturan tersebut dijelaskan dengan bahasa tubuh yang tepat agar anak mengerti maksud kita.

Cara terakhir agar tetap positif menghadapi anak yaitu, memiliki waktu dengan diri sendiri.

Memiliki waktu sendiri atau me time sangatlah penting, karena dengan begitu otak kita akan refresh dan siap untuk menghadapi kewajiban kewajiban yang ditanggung.

Pada waktu me time ini orangtua dapat melakukan hal hal yang bersifat relaksasi atau hobi. Bisa dalam waktu lama ataupun sebentar namun berkualitas. Aktivitas yang dapat dilakukan juga bisa berupa pergi ke salon, bertemu teman lama, jalan ke mal atau quality time dengan suami.

Terkadang ada rasa deg-degan meninggalkan anak sendirian, namun jika kita telah selesai me time dan kembali lagi, ada rasa rindu dan fresh serta positif yang akan dirasakan juga oleh anak.

Sekian cara agar kita tetap sabar dan positif menghadapi anak. Keep spreading the positive vibe ya, Cosmoners!

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini! [teks Nada Inditya Lifa | foto American College of Pediatricians]

Share it