Mengasuh anak versi para ayah

Mengasuh anak versi para ayah

1097

Sosok ibu dan ayah merupakan sosok penting bagi anak. Perannya pun sangat penting dalam perkembangan anak. Namun, bagaimana jika anak lebih dekat dengan para ibu?

ParenThink bersama Yarra Aristi yang akan membicarakan tentang pengasuhan anak versi para ayah, yang dibahas oleh Mona Ratuliu Indra Brasco.

Pada dasarnya, sosok seorang ibu biasanya selalu memikirkan bagaimana caranya melindungi anak agar tetap aman dan tidak terluka.

Sedangkan, sosok seorang ayah akan lebih berpikir tentang bagaimana membuat anaknya menjadi mandiri ketika dewasa nanti. Maka dari itu, kedua peran tersebut sudah pasti saling berpengaruh satu dengan lainnya.

Pentingnya komunikasi yang terjalin antara ayah dan anak akan berpengaruh juga pada pola pikir anak.

Banyak anak yang merasa kehilangan sosok seorang ayah, atau fatherless, dan tumbuh dengan kebutuhan akan sosok seorang ayah.

Fatherless sendiri berawal dari seorang ayah yang terlalu sibuk mencari nafkah, hingga jarang meluangkan waktu dengan anak-anaknya.

Maka dari itu, para ayah juga harus mengejar kasih sayang kepada anak, agar anak tidak merasa berat sebelah di salah satu pihak (lebih dekat dengan ibu)

Para ayah juga harus memanfaatkan waktu sebaik baiknya. Seperti mengajak anak-anak menghabiskan waktu bersama, agar lebih meningkatkan kualitas dalam menjalin hubungan antara ayah dengan anak.

Ayah bisa memulai inisiatif untuk meluangkan waktu dengan anak. Misalnya, ketika si anak baru pulang sekolah, cobalah berbicara tentang hal hal yang sedang update untuk dijadikan bahan pembicaraan dengan si anak.

Selain itu, para ayah juga bisa melibatkan anak dengan setiap aktivitas dan hobi yang dilakukan. Agar anak juga merasakan keterlibatan dan kedekatan dengan ayah, dengan terjalinnya komunikasi ketika sedang beraktivitas.

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

[teks Nada Inditya Lifa | foto twitter @cosmopolitanfm]

Baca juga:
7 Tutorial make up natural Chelsea Islan
Mengenali bakat dan potensi dalam diri
Tips diet berdasarkan zodiak

Share it

LEAVE A REPLY