Menjadi ibu yang ideal dengan berbagai macam kesibukan

Menjadi ibu yang ideal dengan berbagai macam kesibukan

867

Banyaknya kesibukan sehari-hari, mulai dari mengurus anak hingga mengurus suami, terkadang memang membuat frustasi dan banyak pikiran.

ParenThink (28/2) bersama Yarra Aristi dan sang expertist, Mona Ratuliu dengan tamu spesial kali ini Ike Dahlia akan membahas tentang bagaimana menjadi seorang ibu yang ideal dengan berbagai macam pekerjaan yang menumpuk.

Para ibu pekerja yang kerap kali menghabiskan waktunya di luar rumah, terkadang mempunyai rasa bersalah telah meninggalkan anak dan menitipkan pola pengasuhan kepada orang lain.

Terkadang hal-hal tersebut membuat ibu pekerja mempunyai perasaan negatif yang terbawa sampai ke rumah, dan menimbulkan suasana kusut di rumah.

Padahal, suasana di rumah tergantung dari mood sang ibu. Jika mood ibu tidak bagus, maka satu rumah biasanya akan cranky.

Butuh ibu yang bahagia untuk mencetak keluarga yang bahagia, dengan begitu anak juga akan tumbuh menjadi pribadi yang bahagia.

Ibu bekerja juga kerap kali terlalu memanjakan anak untuk membayar waktu yang hilang. Tapi ingat, peran seorang ibu bukan hanya pelindung, tapi juga untuk mendidik anak menjadi mandiri.

Jika sang anak terlalu dimanjakan, maka ia akan marah jika pada suatu waktu sang ibu tidak memanjakannya. Jadi jangan takut dulu, walaupun waktu Anda banyak dihabiskan di luar, bukan berarti Anda tidak bisa mendidik anak Anda dengan baik.

Anda bisa bercerita tentang keseharian Anda di kantor, namun jangan melulu bercerita tentang ‘uang’. Coba ceritakan tentang sisi kemanusiaan yang Anda lakukan di luar.

Misalnya, ceritakan bahwa Anda habis menolong teman Anda yang kesusahan, atau Anda menolong nenek yang sedang menyeberang. Ceritakan hal-hal seperti itu agar anak Anda mempunyai point of view yang baik.

Tidak lupa juga untuk menunjukkan kepada anak jika kita bisa mendapatkan hasil yang baik dengan bekerja keras. Sedari ini, sebaiknya anak harus paham tentang proses berusaha dan bekerja keras.

Jangan lupa juga untuk mengesampingkan emosi kita terlebih dahulu. Jangan sampai anak menangkap emosi kita yang berlebihan, dan jangan sampai ada suasana negatif yang menyelimuti rumah.

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

[teks Nada Inditya Lifa | foto dok. Cosmopolitan fm]

Baca juga:
Hilangkan jerawat dengan jeruk nipis
Membahas jual beli barang preloved di Diary Dave
Awas, jangan lakukan 8 hal ini saat bercinta!

Share it

LEAVE A REPLY