3 Film Yang Menceritakan Tentang Perjuangan Kartini Membela Kaum Perempuan

3 Film Yang Menceritakan Tentang Perjuangan Kartini Membela Kaum Perempuan

279
Film Kartini

Tepat tanggal 21 April 2021, diperingati sebagai Hari Kartini. Jasa serta perjuangan R.A. Kartini untuk kaum perempuan tidak akan terlupa. Semangatnya dalam melawan penindasan terhadap kaum perempuan dan kaum miskin membuat jasa yang terlah diperbuat, maka diperingati setiap 21 April.

Tahukan Cosmoners, terdapat ada beberapa film yang menceritakan tentang perjuangan R.A. Kartini dalam mengangkat kesetaraan bagi kaum perempuan. Berikut 3 film Kartini yang wajib Anda tonton.

R.A. Kartini (1982)

Film Kartini

Toko Kartini diperankan oleh aktris Yenny Rachman s dari film R.A. Kartini garapan sutradara Sjumandjaja. Film ini diangkat dari buku biografi Kartini karya Sitisoemandari Soeroto.

Film R.A. Kartini menceritakan bagaimana sosok R.A. Kartini dari kecil hingga dewasa. Selain itu, film ini mengisahkan juga bagaimana perjuangan Kartini melawan keterbatasan bagi kaum perempuan dan kaum miskin hingga mendirikan sekolah.

Surat Cinta untuk Kartini (2016)

Film Kartini

Surat Cinta untuk Kartini mengisahkan tentang seorang tukang pos duda bernama Sarwadi (Chicco Jerikho) tang tak sengaja bertemu dengan perempuan cantik bernama Kartini (Rania Putrisari) ketika sedang mengantarkan surat. Sarwadi pun dibuat jatuh cinta oleh paras cantik dari Kartini serta karakter pejuang yang ada di dalam diri Kartini dalam untuk memperjuangkan pendidikan bagi kaum perempuan.

Kisah cinta dari Sarwadi dan Kartini pun menemui masalah. Untuk lebih lengkap bisa Anda saksikan sendiri Cosmoners di platform Netflix.

Kartini (2017)

Film Kartini

Hampir mirip dengan film R.A. Kartini pada tahun 1982 dari segi alur cerita, film Kartini yang terbaru ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Sosok Kartini diperankan oleh Dian Sastrowardoyo.

Kala itu pada era 1900an, Kartini geram mengenai bagaiman kaum perempuan tidak mendapatkan kesetaraan dalam pendidikan dibandingkan dengan kaum laki-laki. Kaum perempuan di jaman tersebut identik dengan ibu rumah tangga yang hanya bertugas di dapur semata.

Namun, Kartini melawan penindasan terhadap gender tersebut dengan memperjuangkan kesetaraan dan pendidikan untuk kaum perempuan.

Baca Juga : Krisdayanti Kolaborasi Dengan Shandy Sondoro Rilis Ulang “Hanya Memuji” Versi Elektronik

Dari film-film di atas, film mana yang ingin Anda tonton Cosmoners?

Share it

LEAVE A REPLY