3 Gaya Parenting Ala Steve Jobs, Larang Anak Main iPad!

3 Gaya Parenting Ala Steve Jobs, Larang Anak Main iPad!

113
Gaya Parenting Ala Steve Jobs

Siapa yang tidak mengenal dengan sosok mendiang pendiri Apple, Steve Jobs. Dibalik kemampuannya dalam menciptakan teknologi canggih ternyata ada beberapa gaya parenting dari Steve Job yang patut Cosmoners tiru.

Sudah tidak diragukan lagi sosok dari Steve Jobs di dunia teknologi yang mampu merubah dunia. Bahkan, ketika dirinya sudah berpulang, ide dan pemikirannya terkait di dunia teknologi hingga kini masih berguna bagi orang banyak.

Namun, ada satu sisi lain dari Steve Jobs mengenai gaya ia mendidik anak-anaknya. Uniknya bahkan salah satu gaya parenting dari Steve Jobs adalah membatasi anak-anaknya menggunakan produk teknologi.

Larang Anak Main iPad

Gaya Parenting Ala Steve Jobs

Mungkin banyak yang mengira sebagai pendiri Apple, anak-anak dari Steve Jobs bisa sepuasnya menggunakan produk-produk buatan sang Ayah. Namun, dugaan tersebut ternyata salah.

Steve Jobs membatasi anak-anak untuk menggunakan produk teknologi saat di rumah, termasuk salah satunya iPad. Hal ini terungkap dalam sebuah wawancara yang dimuat surat kabar New York Times pada tahun 2010 lalu oleh seorang reporter bernama Nick Bilton.

“Anak-anak Anda pasti menyukai iPad kan?” tanya Nick saat itu.

“Mereka belum pernah pakai (iPad),” ujar Jobs.

“Kami membatasi mereka untuk tidak menggunakan produk teknologi, khususnya saat mereka di dalam rumah,” lanjutnya.

Makan Bersama Setiap Malam

Gaya Parenting Ala Steve Jobs

Steve Jobs melarang anak-anaknya untuk menggunakan produk teknologi seperti iPad atau komputer pada malam hari. Waktu tersebut justru dimanfaatkan ia dan keluarga untuk makan malam di meja makan.

Hal ini diungkap oleh penulis buku biografi terkenal Steve Jobs, Walter Isaacson. Jobs justru melarang anak-anaknya tenggelam dalam gadget.

“Mereka berbicara tentang buku, sejarah, dan hal-hal lain. Tak ada seorang pun yang menggunakan iPad atau komputer. Anak-anak tak terlihat kecanduan gadget,” tulis Isaacson.

Ciptakan Memori Berkesan Pada Anak

Gaya Parenting Ala Steve Jobs

Steve Jobs memiliki tradisi dalam keluarganya apabila masing-masing dari ketiga anaknya berusia 13 tahun, dia berjanji untuk membawa mereka berpergian ke mana pun di dunia. Momen ini dimanfaatkan oleh Steve dengan hanya berjalan-jalan berdua dari salah satu anak apabila sudah berusia 13 tahun.

Baca Juga : Ini Sosok Perempuan Asal Indonesia Yang Jadi Direktur Baru Rolls-Royce

Patut dicoba nih Cosmoners gaya parenting dari mendiang Steve Jobs terhadap anak-anaknya. Salah satunya adalah dengan membatasi buah hati untuk bermain gadget.

 

Penulis : Rifqi Fadhillah

Share it

LEAVE A REPLY