5 Taman bermain anak yang murah, bahkan gratis

5 Taman bermain anak yang murah, bahkan gratis

365
Taman bermain anak

Bermain, bermain, dan bermain. Si Kecil seakan tak ada puasnya kalau soal bermain. Tentu saja, Anda harus siap merogoh kocek dalam-dalam jika membawa anak-anak bermain di playground yang terletak di mal atau tempat wisata.

Tak mau anggaran rumah tangga ‘jebol’? Jangan khawatir! Kini sudah banyak terdapat taman bermain gratis sehingga sang buah hati tetap bisa bersenang-senang tanpa Anda harus memikirkan kondisi keuangan.

1. Monumen Nasional

Monumen Nasional alias Monas adalah tempat wisata sekaligus ikon kota Jakarta. Jangan heran jika Monas menjadi salah satu tempat wisata gratis yang paling banyak dikunjungi serta populer di kalangan warga Jakarta dan sekitarnya.

Untuk masuk dan naik ke puncak Monas, Anda memang perlu membayar. Akan tetapi harga tiketnya juga tidak terlalu mahal, kok.

Atau sebagai alternatif, Anda juga bisa mengajak Si Kecil bermain di pelataran sekitar Monumen Nasional. Anda bisa bermain sepeda, berolahraga, dan tentunya wisata kuliner di sekitar Monas.

2. Taman Kalijodo

Kalijodo menjadi hits dalam beberapa tahun terakhir, tepatnya setelah Pemerintah Daerah DKI Jakarta, menyulap tempat ini menjadi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

Lintasan skateboard dan sejumlah spot foto yang instagrammable membuat Taman Kalijodo ramai dikunjungi. Bagi Anda yang membawa anak-anak, di tempat ini juga disediakan beberapa permainan lho, dan Anda tak perlu membayar untuk menggunakannya.

3. Taman Scientia

Scientia Square Park adalah taman seluas 1,2 hektar yang terletak di kawasan Scientia Garden, Gading Serpong, Tangerang Selatan. Di taman yang sangat luas ini, ada setidaknya 10 kegiatan yang bisa dipilih untuk dinikmati anak-anak bersama keluarga, mulai dari science playground, berkeliling taman, bermain di sawah, memberi makan ikan, bermain mobil remote control, wall climbing, bike trail, inline skate, skateboard, futsal, ping pong centre, hingga mengenal berbagai jenis kupu-kupu di The Metamorphosis of Butterfly Park.

Taman ini dibuka dari pukul 5 pagi hingga 9 malam. Oh ya, Scientia Square Park memang tidak gratis alias harus bayar untuk memasukinya. Akan tetapi Anda tak perlu khawatir karena harga tiket masuknya tidak sampai menguras dompet Anda.

Tiket masuk Scientia Square Park adalah 30 ribu rupiah untuk hari biasa, sedangkan harga tiket akhir pekan adalah 50 ribu rupiah. Moms dan Si Kecil bisa menikmati fasilitas yang ada di tempat ini, kecuali untuk beberapa permainan seperti wall climbing, Anda harus membayar ekstra untuk menyewa perlengkapan.

4. Taman Menteng

Moms, tentu sudah tak asing lagi dengan kawasan Menteng. Area ini memang dikenal sebagai kawasan hunian elite. Kini, Menteng juga bisa menjadi tempat tujuan wisata bagi Anda dan keluarga.

Diresmikan pada April 2007, Taman Menteng ditanami sekitar 1.000 pohon dengan tak kurang dari 30 jenis tanaman. Taman ini sering dianggap sebagai paru-paru Kota Jakarta.

Selain untuk penghijauan kota, Taman Menteng juga dilengkapi dengan berbagai sarana olahraga, permainan, dan edukasi bagi keluarga. Bagi Si Kecil, ada ayunan, perosotan, air mancur, serta jembatan kayu yang bisa menambah keasyikan bermain mereka.

5. Lapangan Banteng

Lapangan Banteng tak lagi membosankan. Kini, Anda dan keluarga bisa melakukan berbagai kegiatan mengasyikkan di tempat ini. Jika Si Kecil gemar berolahraga, Anda bisa mengajaknya jogging di Lapangan Banteng Trek Atletik.

Untuk hiburannya, disediakan juga area bermain bagi anak. Jika sudah lelah menjelang malam, Anda dan keluarga bisa duduk beristirahat sambil menikmati Air Mancur Menari diiringi lagu-lagu tradisional.

6. Taman Tebet

Dibangun pada 1960, taman ini sempat terbengkalai dan menjadi pemukiman liar hingga 2006. Lantas pada 2010, Taman Tebet direvitalisasi dengan kehadiran 1.180 pohon.

Taman ini kembali menjadi buah bibir setelah penyanyi Katon Bagaskara melontarkan pujian atas keindahan dan kebersihan Taman Tebet melalui media sosial.

Kini Taman Tebet bukan hanya memiliki taman bermain untuk anak-anak, tapi juga dilengkapi berbagai fasilitas olahraga, termasuk lapangan bulu tangkis. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)

Sumber artikel dari Mother and Baby Indonesia

Share it

LEAVE A REPLY