6 Hal yang harus diperhatikan ketika liburan bersama anak

6 Hal yang harus diperhatikan ketika liburan bersama anak

168

Memasuki akhir tahun, Moms mungkin berpkir sudah waktunya mengajak Si Kecil untuk berlibur dan mengeksplorasi hal baru. Dan meskipun bayi Anda baru pertama kali merasakan liburan, Moms tak perlu khawatir. Yang penting, Anda mengetahui seperti apa destinasi yang dituju saat berlibur dengan Si Kecil.

Sebab, selain perlengkapan yang dapat menjaga kenyamanan dan kesehatan bayi, Anda juga harus mengetahui lokasi wisata. Dr. Otty Mitha Sevianti, Sp.A dari Ikatan Dokter Anak Indonesia, menyarankan beberapa hal yang juga perlu disiapkan agar liburan pertama Si Kecil tersebut jadi menyenangkan.

1. Tentukan Tempat Liburan

Dalam memilih destinasi liburan, perhatikan transportasi yang akan digunakan selama perjalanan. Lokasi menginap serta fasilitas yang bisa Anda dapatkan juga harus menjadi prioritas utama untuk memberikan rasa nyaman kepada Si Kecil selama liburan.

2. Cek Cuaca

Cek dahulu cuaca di destinasi yang dituju sebelum berangkat. Beberapa situs dan aplikasi tersedia dan bisa Anda gunakan untuk memeriksa kondisi suhu udara serta cuaca di daerah tersebut. Hal ini juga membantu dalam menyiapkan pakaian untuk kenyamanan Si Kecil, baik saat musim panas atau musim dingin dan hujan seperti saat ini.

3. Kondisi Destinasi

Hal lain yang juga penting diperhatikan adalah kondisi daerah tersebut, apakah termasuk daerah khusus endemis atau bukan. Menurut KBBI, daerah endemis berarti secara tetap terdapat penyakit di tempat lokasi itu terbatas pada mereka saja (malaria, demam berdarah, chikunguya, dan lain-lain).

Beberapa negara bahkan mewajibkan pemberian vaksin tertentu seperti vaksin yellow fever atau meningitis untuk syarat pembuatan visa jika berlibur ke luar negeri.

4. Membawa Obat Pribadi

Saat berlibur, tak jarang Si Kecil bisa penyakit. Untuk mencegah dan mengatasinya, Anda bisa membawakan obat khusus yang biasa diberikan kepada bayi. Pembawaan obat ini penting, terlebih jika Si Kecil memiliki riwayat penyakit kronis dan perlu mengonsumsi obat secara rutin. Jika perlu, bawa duplikat resep agar bisa dibeli di apotik destinasi saat obat sudah habis.

Untuk obat-obat pribadi lain yang perlu dibawa adalah obat penurun panas, pilek, batuk, losion penangkal nyamuk. Jangan lupa untuk antisipasi dengan membawa obat alergi serta obat luar seperti cairan desinfektan, plester, balsam, atau minyak kayu putih.

5. Pertama Kali Naik Pesawat

Perjalanan dengan pesawat terbang untuk pertama kalinya dapat memberikan Si Kecil rasa tidak nyaman. Anda bisa memberikan penyumbat telinga, seperti earplug untuk meminimalisir sakit yang disebabkan perbedaan tekanan dalam dan luar pesawat.

Anda juga bisa mengalihkan perhatiannya dengan menyusui atau memberi makanan favoritnya saat pesawat lepas landas atau akan mendarat. Siapkan juga buku gambar, selimut, atau boneka kesayangannya agar rasa tidak nyaman yang ia alami bisa teratasi.

6. Menciptakan Suasana Menyenangkan

Moms bisa mengisi waktu perjalanan dengan hal-hal edukatif seperti bercerita atau menunjukkan gambar destinasi yang dituju pada Si Kecil. Kegiatan ini juga bisa menjadi sarana untuk merangsang kemampuan kognitif, bahasa dan motorik Si Kecil, lho. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

Sumber Mother and Baby Indonesia

Share it