Berbagi kisah Rachel Octavia sebagai wanita karier

Berbagi kisah Rachel Octavia sebagai wanita karier

1182

Dalam Diary Dave bersama Dave Hendrik, kali ini kedatangan seseorang yang merupakan salah satu penulis buku “Better and Better”, Rachel Octavia.

Di buku “Better and Better”, Rachel Octavia menulis di bab terakhir. Ia membahas attitude beserta perjalanan karirnya.

Alasan mengapa kita harus menjaga attitude adalah layaknya pakaian yang bagus dan memiliki detail bagus maka kita akhirnya akan bertanya, brand apa pakaian tersebut.

Attitude pun sama halnya dengan mengetahui brand kita, atau tepatnya, personal branding. Pada akhirnya brand itu menentukan posisi kita seperti apa di mata orang lain.

Tentunya di dalam dunia pekerjaan, personal branding itu bisa menjadi penentu, seperti menentukan berkembang atau tidaknya karier kita ke depannya. Cara berkomunikasi kita pun bisa menjadi personal branding dalam diri seseorang.

Rachel Octavia awalnya adalah seorang business women sampai akhirnya berubah menjadi wanita karier di usianya yang ke 28.

Ia mengawali berkarier sebagai Junior Account Excecutive, melihat posisi yang sama kebanyakan adalah usia yang fresh graduate membuat Rachel terpacu untuk belajar cepat.

Rachel merasakan bagaimana bekerja memulianya dari nol, ada kerja keras. Memiliki inisiatif membuatnya ia bisa mencapai posisi saat ini.

Komitmen juga sangat penting karena merupakan jangkar yang paling kuat untuk mencapai sesuatu ataupun target.

Dalam bab ekstra di bukunya, Rachel menuliskan, “If anyone force to you to go one mile, go with them 2 miles.”

Tulisan itu memiliki makna, bahwa banyak orang yang hanya mengambil satu langkah, tapi jika kita mengambil 2 langkah, saingannya takkan sebanyak langkah pertama.

Kondisinya pun tidak akan crowded dan kita bisa berkarya lebih. Namun ketika memilih extra mile, kita harus menyiapkan mental dan tenaga lebih.

Rendah hati adalah salah satu penentu dalam sukses atau tidaknya dalam dunia kerja. Tetapi rendah hati bukan berarti rendah diri, kita tidak boleh meremehkan kemampuan kita sendiri.

Cosmoners, yuk terus dengerin Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini! [teks Hardianti Budhi]

Baca juga:
Edukasi anak tentang alat reproduksi dan seksualitas
Terapi mengatasi craving saat diet
Memilih sekolah yang tepat untuk anak

Share it

LEAVE A REPLY