Cara mudah untuk merapikan rumah

Cara mudah untuk merapikan rumah

859

Cara Mudah Untuk Merapikan Rumah

Rumah menjadi pusat dari segala aktivitas, mulai dari bangun tidur, memasak, hingga bersantai sambil menonton serial favorit Anda di ruang televisi. Untuk kenyamanan maksimal, Anda harus memastikan rumah selalu dalam keadaan bersih dan rapi. Manager Marketing IKEA Indonesia, Eliza Fazia mengatakan bahwa penting untuk menata barang-barang dengan baik dan rapi agar membuat rumah menjadi lebih nyaman untuk memulai hari yang lebih produktif dan menyenangkan.

Salah satu tantangan dalam menata rumah adalah mengelola kebiasaan menyimpan barang yang akhirnya bertumpuk selama bertahun-tahun, sehingga membuat rumah menjadi tidak rapi. Cosmo memberikan beragam solusi untuk mewujudkan rumah menjadi rapi dan nyaman.

Pilah Barang yang Anda Miliki

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilah barang-barang yang tertumpuk di dalam rumah Anda. Kategorikan sesuai dengan tingkat kepentingan, seberapa sering Anda pakai juga ukurannya. Setelah itu, kelompokan barang-barang yang ingin disimpan dan tidak dipakai lagi.

Untuk barang-barang yang masih ingin disimpan, Anda bagi lagi menjadi barang yang sering dipakai dan yang jarang dipakai. Pisahkan barang-barang dalam ukuran besar dari pernak-pernik yang kecil. Sementara barang-barang yang tidak dipakai lagi, dapat dialihkan dengan cara didonasikan atau dijual sebagai barang second hand.

Simpan Barang Kebutuhan Sehari-Hari di Tempat yang Mudah Dilihat

Barang-barang yang sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari sebaiknya disimpan di tempat yang mudah dijangkau dan dilihat, atau tempat penyimpanan barang yang transparan. Untuk menyimpan koleksi favorit atau kebutuhan sehari-hari, dapat ditempatkan di dalam lemari kaca, lemari terbuka dalam bentuk rak, pilihlah lemari atau tempat penyimpanan yang bentuknya sesuai dengan gaya rumah Anda.

Tempat Penyimpanan Tertutup

Anda dapat menyimpan barang-barang yang tidak ingin terlihat di dalam laci, dan barang pajangan diatasnya, seperti foto berbingkai, majalah kesayangan, vas bunga, dan lain-lain. Pastikan barang-barang yang disimpan di dalam lemari maupun barang dekoratif yang diletakkan di atasnya.

Adapun untuk barang yang jarang digunakan, pastikan sudah dipilah sesuai kategori, dan dapat diletakkan di dalam kotak penyimpanan dengan bentuk penutup yang mudah untuk ditumpuk, dengan pegangan yang mudah untuk dibawa saat Anda membutuhkan barang yang ada di dalamnya.

Manfaatkan Dinding

Dinding merupakan ruang yang seringkali tidak dipikirkan untuk digunakan sebagai tempat untuk menyimpang barang. Pasang rak pada dinding sebagai salah satu solusi untuk merubah dinding kosong menjadi area penyimpanan yang efektif. Rak dinding juga sekaligus dapat menjadi dekorasi rumah yang cukup bergaya tanpa harus menghabiskan ruang untuk beraktivitas.

Jika bingung memilih perangkat penyimpanan, Anda bisa datang ke furniture store seperti IKEA. Di sana Anda bisa memilih berbagai lemari dan tempat penyimpanan yang pas untuk rumah Anda. (Salli Sabarrang/Image: Shutterstock/Yuganov Konstantin/Clickphotos)

Source: Cosmopolitan

Baca juga:
Mengulik buku “I Am Me” bersama Robyn Soetikno
Cerita perubahan kehidupan dari Imelda Fransisca
Kebiasaan usai bercinta yang harus Anda hindari

Share it

LEAVE A REPLY