Cara praktis menghitung kalori

Cara praktis menghitung kalori

1406
kalori

Ingin menurunkan berat badan tetapi sulit untuk mengukur jumlah kalori pada makanan? Terdapat banyak cara dalam menghitung jumlah kalori.

Ahli gizi Vera Napitupulu dari klinik Lighthouse Indonesia memberikan tips agar dapat menghitung dengan mudah jumlah kalori pada makanan, di acara Health Club bersama dengan Novita Angie dan Lembu Wiworojati.

Menghitung jumlah kalori memiliki rumusnya sendiri. Hitungan kalori tersebut sangat penting dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Rumus yang sulit untuk dihafalkan memang terkadang menjadi alasan seseorang malas untuk menghitung setiap kalori pada makanan.

Terdapat beberapa cara dalam menghitung kalori :

Menggunakan buku panduan
Departeman Kesehatan Indonesia mengeluarkan buku mengenai panduan kalori yang terdapat pada makanan.

Menggunakan telapak tangan
Menghitung kalori juga dapat dilakukan dengan mengukur dengan telapak tangan. Tetapi, tetap harus dikonsultasikan dengan ahli gizi agar sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Volumetric tools
Volumetric tools merupakan alat ukur kalori. Terdapat 3 jenis alat ukur sesuai dengan jenis makanannya, yaitu gelang volumetric sebagai pengganti telapak tangan, mangkok , dan gelas volumetric untuk karbohidrat dan makanan pokok lainnya.

Meski mudah, penggunaan volumetric tools perlu dikonsultasikan dengan ahli gizi ya, Cosmoners!

Cosmoners, yuk terus dengerin Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini! [teks Dessyana Kosasih | foto Shutterstock.com]

Share it

LEAVE A REPLY