Cerita Iim Fahima sebagai founder Queenrides

Cerita Iim Fahima sebagai founder Queenrides

1511

Diary Dave bersama Dave Hendrik kedatangan tamu istimewa yang merupakan founder dari Queenrides, Iim Fahima Jachja, yang kali ini membicarakan mengenai berkendara aman dan stylish bersama Queenrides.

Menceritakan latar belakang Queenrides yang dibuat pada Januari 2016 ini adalah karena peningkatan pengendara wanita di Indonesia yang meningkat sangat signifikan, yaitu sekitar 42% baik pengendara motor ataupun mobil.

Terlebih lagi Indonesia menjadi negara dengan roots safety terburuk di dunia dan kecelakaan yang melibatkan pengendara perempuan dalam 2 tahun belakang meningkat menjadi 49,5%.

Iim datang ke Jepang untuk melakukan studi banding atau sharing mengenai safety ride yang pasti kondisinya jauh berbeda dengan Indonesia.

Bahkan untuk mendapatkan SIM di Jepang sangat sulit, 2 tahun untuk mendapatkan SIM dengan masa tesnya hingga 6 bulan.

Tak hanya itu, untuk jadi penumpang pun ada minimalnya, biasanya sekitar umur 8 tahun dimana kaki sudah sampai ke pedal.

Kebanyakan orang Jepang menggunakan transportasi umum daripada kendaraan pribadi, uniknya yang memiliki mobil kebanyakan bukanlah orang kota seperti di Jakarta, melainkan orang desa yang memiliki mobil.

Data dari Korlantas menyatakan hampir 90% kecelakaan jalan di Indonesia disebabkan behavior si pengendara.

Mendapatkan SIM yang mudah di Indonesia menjadi salah satu penyebab kecelakaan karena behavior pengendara. Jika perilaku buruk dari pengendara, tak seharusnya dia mendapatkan SIM dengan mudah.

Queenrides sendiri mengusung konsep safety, style and beauty. Dimana kebanyakan wanita mengesampingkan safety, tapi lebih mengutamakan style dan beauty.

Jika membicarakan safety riding, ada 3 elemen dasar yaitu rules, skills dan attitude. Rules lebih ke regulasi atau peraturan, diri kita dan lain sebagainya.

Skills adalah kemampuan kita dalam berkendara dan attitude adalah perilaku kita di jalan raya. Sebenarnya jika kita lolos ujian SIM, kita lolos dari ketiga elemen tersebut.

Rencana jangka pendek dari Queenrides adalah makin banyak orang yang harus mereka edukasikan. Yang diedukasikan, diharapkan untuk tahu dari elemen kendaraan yang dia bawa, dan jika terjadi sesuatu, kita harus tahu bagaimana menanganinya.

Cosmoners, yuk terus dengerin Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini! [teks Hardianti Budhi]

 

Share it

LEAVE A REPLY