Diabetes pada anak? Masa sih?

Diabetes pada anak? Masa sih?

1138

Cosmoners tahu tidak sih, jumlah anak yang menderita diabetes terus bertambah. Jenis diabetes pada anak biasanya adalah diabetes melitus.

Gejala-gejala diabetes pada anak pun sangat sukar untuk dikenali. Oleh karena itulah topik dalam acara Health Club bersama dengan Lembu Wiworojati, Novita Angie, dan Dr. Meida Tanukusuma hari Rabu (19/10) mengenai diabetes pada anak.

Diabetes pada perlu untuk ditangani sedari dini, dengan mengetahui gejala-gejalanya terlebih dahulu seperti:

  • Sang anak mudah dehidrasi dan lebih sering minum
  • Sering membuang air kecil di malam hari
  • Porsi makan yang banyak tetapi tubuh tidak membesar

Biasanya, diabetes diketahui ketika anak sudah dalam kondisi yang parah dan harus dirawat. Kondisi ini disebut asidosis. Asidosis terjadi ketika anak kesulitan bernapas, diare, dan tubuh yang berbau seperti aseton.

Tetapi jangan khawatir, jika si buah hati ditangani dengan baik, maka anak bisa hidup normal.

Diabetes memiliki 2 tipe, yaitu diabetes melitus tipe 1 dan diabetes melitus tipe 2. Tetapi, diabetes yang biasa diderita anak adalah diabetes melitus tipe 1.

Diabetes tipe 1 memiliki kelainan pada auto imun yang organ pankreasnya tidak berfungsi dengan baik dan insulin tidak terproduksi.

Sedangkan diabetes tipe 2 organ pankreas berfungsi dengan baik, tetapi penderita mengkonsumsi makanan manis yang berlebih dan mengakibatkan kurangnya insulin.

Diabetes tidak dapat dicegah tetapi dengan mengobati sedari dini bisa mengurangi risiko-risiko yang ada.

Jadi, jangan remehkan gejala-gejala kecil diatas ya, Cosmoners![teks Dessyana Kosasih | foto ellenwhite.co]

Share it

LEAVE A REPLY