Diary Dave : Berbagi Bikin Happy!

Diary Dave : Berbagi Bikin Happy!

743

Mau beajar gratis dan bikin happy? Founder Akademi Berbagi Ainun Chomsun menceritakannya di Diary Dave bersama Dave Hendrik, Kamis 28 Mei 2015.

Akademi Berbagi awalnya muncul karena Ainun memiliki rasa ingin terus belajar di berbagai bidang. Namun karena Ainun merupakan orang tua tunggal, maka ia punya banyak pertimbangan karena tidak punya banyak waktu dan tidak punya banyak uang untuk terus belajar.

Pada tahun 2010, tercetuslah Akademi Berbagi. Kelas pertama yang diadakan saat itu adalah copywriting. Saat itu, Ainun dibantu oleh tiga orang temannya.

Kini sudah ada 200 relawan yang membantu Ainun untuk menciptakan kelas-kelas baru di 25 kota hampir di seluruh Indonesia, kecuali Nusa Tenggara Timur dan Papua. Para relawan harus membuat kelas dan mencari guru. Bila sampai tiga bulan tidak ada kelas, maka kelasnya akan dibekukan.

Melalui Akademi Berbagi, setiap orang bisa memiliki banyak kesempatan untuk belajar. Salah satu bukti nyata setelah ikut kelas di Akademi Berbagi adalah beberapa murid jadi sedikit mudah mendapatkan pekerjaan.

Menjadi seorang relawan itu tidak akan pernah kurang, tetapi akan terus bertambah relasi dan pengalaman. Setiap kelas yang diadakan memiliki topik berbeda-beda, tergantung ketertarikan masyarakat di kota tersebut. Salah satu kota yang hampir mengadakan kelas setiap hari adalah Yogyakarta.

Penasaran dong sama kelas-kelas apa saja sih yang dibuka di setiap daerah? Di Jakarta, Akademi Berbagi lebih banyak membuka kelas teknologi dan sosial media. Sementara kelas enterpreneur banyak dibuka di daerah Bandung dan Solo.

Sampai sekarang, banyak relawan yang mengurus dan menyumbangakan tempatnya untuk kelas Akademi Berbagi. Semua berdasarkan sukarelawan di semua kota. Ainun mengungkapkan, “Belajar tidak perlu ribet. Selama ada guru dan murid, maka proses belajar mengajarpun terjadi,” ungkapnya saat sesi wawancara di Diary Dave bersama Dave Hendrik, kamis lalu. Ia menambahkan bahwa kemauan murid untuk belajar merupakan kunci sukses setiap kelas.

Mau tahu siapa yang lagi yang akan tampil di Diary Dave berikutnya? Yuk jangan lupa ikuti perbincangan Dave Hendrik dengan tokoh-tokoh inspiratif lainnya. Setiap Kamis, pukul 19.00-20.00 WIB. Hanya di 90.4 Cosmopolitan FM. Stay tuned!

Share it

LEAVE A REPLY