Edukasi anak tentang alat reproduksi dan seksualitas

Edukasi anak tentang alat reproduksi dan seksualitas

848

Cosmoners yang sudah memiliki anak, tentu kekhawatiran kita sebagai orang tua sangatlah besar terhadap kesalahan pergaulan seksual anak terutama para remaja.

Tetapi, tidak semua orang tua mengerti dan dapat menyampaikan edukasi seksual dengan baik kepada anaknya. Bahkan sebagian merasa canggung saat harus berdiskusi tentang hal ini bersama anak.

Di Health Club kali ini, Novita Angie dan Lembu Wiworo Jati ditemani oleh Naomi Ernawati Lestari, M.Psi dari lightHOUSE Indonesia akan membahas seputar pentingnya mengedukasi anak tentang alat reproduksi dan seksualitas mereka, serta bagaimana cara menyampaikan hal ini secara tepat.

Cara penyampaian yang tepat ini akan mencegah mereka untuk mencari tahu tentang seksualitas di tempat lain yang belum tentu benar dan bahkan cenderung menyesatkan. Orang tua tentu juga harus membekali dirinya dengan informasi yang benar pula.

Mengedukasi anak sedini sangatlah penting dilakukan agar anak dapat menghargai alat reproduksi sebagai bagian dari tubuh mereka. Saat mereka sudah menghargainya, mereka bisa menjaga dengan baik diri mereka sendiri.

Orang tua juga harus siap kapanpun anak menanyakan seputar alat reproduksinya. Berikanlah respon yang normal, jangan menganggap bahwa hal tersebut adalah tabu dan jawab pertanyaan anak sesuai dengan perkembangannya.

Pergunakanlah bahasa yang sesederhana mungkin agar anak dapat dengan mudah mengerti apa yang kita sampaikan.

Selain menghargai alat reproduksi sendiri, jelaskan juga kepada anak bahwa mereka juga harus menghargai alat reproduksi milik orang lain.

Beri tahu kepada mereka sedini mungkin, siapa-siapa saja orang yang dapat menyentuh alat kelamin mereka sesuai dengan umurnya.

Di samping itu, kita juga harus memberi tahu kepada anak tentang pentingnya menjaga kebersihan alat kelamin agar mereka terhindar dari penyakit-penyakit yang tidak diinginkan.

Cosmoners, jangan sampai kita terlambat mengedukasi mereka sehingga anak sudah terlanjur mencari tahu informasi dari luar yang belum tentu kebenarannya.

Cosmoners, yuk terus dengerin Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini! [teks Devina Dea | foto vemale.com]

Baca juga:
Gigi Hadid bercerita mengenai penyakit yang diidapnya
Memilih sekolah yang tepat untuk anak
Kompak dalam mengasuh dan mendidik anak

Share it

LEAVE A REPLY