Good leader know where to hug and where to kick

Good leader know where to hug and where to kick

729

Sebagai pimpinan, Cosmoners mungkin sering merasa bingung kapan harus ‘kick’ bawahan atau kapan harus ‘hug‘ bawahan.

Oleh karena itulah, dalam acara Cosmopolitan Career bersama Novita Angie, Lembu Wiworojati dan Alexander Sriewiyono membahas mengenai “Good leaders know where to hug and where to kick“.

Serba salah kadang dirasakan oleh seorang atasan. Jika Cosmoners terlalu baik dengan bawahan hal itu dapat membuatnya menjadi semena-mena, sedangkan jika terlalu galak membuat bawahan menjaga jarak, dan komunikasi tak bisa berjalan dengan lancar dan maksimal.

Menjadi seorang atasan lebih baik untuk memahami dan situasiya terdahulu. Dan hal yang terpenting adalah semua dilakukan demi kebaikan bersama.

Tegas dan galak itu berbeda. Efek yang ditimbulkan jika bersikap galak, bawahan dapat merasa dizalimi. Sedangkan tegas merupakan prinsip demi kebaikan bersama.

Supaya bisa menjadi pemimpin yang tegas. Sebaiknya, perhatikan dua hal berikut. Pertama, selalu ingatlah bahwa Anda harus tetap fokus pada pekerjaan dan tidak pada pribadi orang lain. Kedua, jadikan ketegasan Anda sebagai prinsip. Komunikasikan dengan jelas agar dimengerti oleh bawahan.

Jika kedua hal tersebut sudah dilaksanakan, hal itu dapat membantu Cosmoners untuk lebih tegas.

Jadi, Anda┬átidak perlu bingung. Pahamilah tipe setiap orang. Seperti apakah Cosmoners dalam upaya meng-“hug” dan “kick” bawahan. Dan yang terpenting, pastikan apakah hal tersebut demi kebaikan atau tidak.

[teks Dessyana Kosasih | foto procurious.com]

Share it

LEAVE A REPLY