Ini dia cara mencegah cyber bullying

Ini dia cara mencegah cyber bullying

Ternyata bullying tak hanya terjadi di dunia nyata lho, Cosmoners! Ini dia cara mencegahnya!

38247

Dalam talkshow Life Balance di Happy Hour, Jumat (23/8), Cosmopolitan Expert Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPEd, dari Diana & Associates membahas mengenai Cyber bullying yang sedang marak terjadi di media sosial.

Bullying adalah penindasan yang dilakukan seseorang tanpa alasan karena merasa lebih memiliki power dibandingkan korban yang ingin di-bully. Power ini didapatkan dari rasa senioritas, kepemilikan, kedudukan, dan kepintaran.

Biasanya, pelaku menutupi kekurangannya dengan cara bully. Faktanya, pelaku dan korban memiliki ketakutan yang sama. Namun muncul dengan cara yang berbeda.

Sekarang, dengan adanya dunia maya banyak pelaku cyber bully, (sebutan untuk pelaku bully di sosial media) berlindung di anonymous account untuk mem-bully orang lain. Setiap orang pun dituntut untuk pandai bersikap dalam menggunakan sosial media.

Yuk cegah cyber bullying dengan cara ini!
Ada banyak penyebab terjadinya cyber bullying. Berikut empat penyebab yang bisa membuat Anda menjadi korban.

      1. Tidak posting terlalu sering atau banyak
        Posting terlalu sering dan banyak bisa mengganggu orang lain. Oleh karena itu, posting terlalu sering dan banyak dapat memancing adanya cyber bullying.
      2. Hindari konten posting-an yang aneh
        Apapun yang diunggah ke sosial media, pasti menimbulkan pro dan kontra. Terlebih ketika posting sesuatu yang dianggap aneh dan mengundang bully, meskipun hanya bully di dalam hati. Oleh krena itu, sebagai pengguna social media, sebaiknya batasi mengunggah konten yang mengganggu.
      3. Pintar-pintar memilih teman di sosial media
        Akun media sosial tidak harus selalu terbuka untuk semua orang. Semakin banyaknya teman di media sosial, maka Anda harus siap-siap dengan banyaknya komentar yang datang.
      4. Tidak sembarang bercerita di sosial media  Membedakan hal yang lebih baik diceritakan pribadi atau di media sosial. Karena, perbedaan persepsi biasanya terjadi di media sosial.

Mungkin saja Anda tidak menyadari kalau ternyata Cosmoners menjadi korban bully. Oleh karena itu, kenali tipe bullier itu penting, Cosmoners.

[teks Desssyana Kosasih | foto newsroom.edu]

 

Share it

LEAVE A REPLY