Kartika Jahja terdaftar dalam BBC 100 Women

Kartika Jahja terdaftar dalam BBC 100 Women

868

Ada kabar membanggakan dari salah satu musisi, penulis, aktivis, wiraswasta asal Indonesia. Kartika Jahja, yang menjadi bintang tamu di Happy Hour bersama Imam Wibowo dan Cisca Becker, membahas tentang pencapaiannya.

BBC baru saja merilis list 100 Women pada November ini. Kartika berhasil terpilih dari sekian banyak wanita di seluruh dunia. Bahkan ia bisa satu list bersama Alicia Keys.

Namun Kartika pun mengetahui pencapaiannya ini malah dari orang lain.

Aku benar-benar nggak tahu apa-apa tentang BBC ini tadinya. Taunya itu pas aku jadi pembicara di acaranya The Guardian, aku diperkenalkan sebagai salah satu BBC 100 Women. Aku langsung mikirnya, wah aku salah nih diperkenalinnya. Eh tapi setelah acara itu, teman-teman aku yang lain ngasih selamat ke aku. Di situ aku baru tau oh ternyata aku masuk list itu ya.

Tidak heran apabila Kartika bisa terdaftar dalam list tersebut. Karena ia memang seorang wanita yang aktif bergiat dalam bidang seni dan sosial. Isu sosial gender equality merupakan isu yang selalu ia canangkan.

Ketidaksetaraan gender itu sebenarnya udah kayak polusi. Ada tapi nggak berasa. Banyak wanita yang ketika berani bercerita bahwa ia dilecehkan, tapi bahkan komentar dari sesama wanita pun, malah menyalahkan si yang dilecehkan.

Kartika concern bahwa wanita yang selalu menjadi korban, dan berakhir yang sering disalahkan pula. Dipengaruhi bahwa orang-orang Indonesia terlalu terkungkung dalam norma atau tradisi tertentu.

Sebagai bentuk aksi, Kartika dan teman-temannya akan menggelar sebuah acara bertajuk “Embracing Positive Sisterhood” pada Desember nanti, di Plaza Indonesia.

Acara tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran gender equality, juga untuk para wanita agar selalu merasa nyaman dengan dirinya maupun tubuhnya. Cantik tidak selalu berstandar pada dunia kecantikan, namun kenyamanan atas tubuhnya sendiri.

Inspiratif banget yah, Cosmoners!

Cosmoners, yuk terus dengerin Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini! [teks Gabriella Sakareza | foto @cosmopolitanfm]

Baca juga:
Wajah-wajah baru di “Hairspray Live!”
Artika Sari Devi bercerita mengenai kesibukannya saat ini
Guilty food pleasures para artis Hollywood

 

Share it

LEAVE A REPLY