Kebiasaan ini bisa membuat Anda tambah gendut

Kebiasaan ini bisa membuat Anda tambah gendut

929

Sedang berusaha diet tetapi tidak juga berhasil menurunkan berat badan? Well, tidak heran Anda belum juga memiliki berat badan ideal kalau masih melakukan tujuh hal di bawah ini. Yup, ternyata kebiasaan yang ada di bawah ini bisa bikin tambah gendut. Oh nooooo…

Jadwal Makan Tidak Teratur

Okay okay… Mungkin Anda sedang dikejar deadline di kantor sampai-sampai lupa makan siang. Atau mungkin ini sengaja dilakukan dengan asumsi ini bisa mempercepat proses penurunan berat badan. Nope, darling. Memiliki jadwal makan yang tidak teratur malah bisa menggangu metabolisme tubuh dan ini yang bikin program diet tidak berhasil. Lagi pula kalau skip makan siang, Anda cenderung makan lebih banyak saat malam. Uh-oh!

Anda Pecinta Gula

Anda selalu meminta gula ekstra tiap kali memesan bubble tea? Hmmm, jelas saja angka timbangan belum berkurang. Mengonsumsi gula tidak dapat memuaskan nafsu makan, sehingga cenderung membuat Anda makan lebih banyak setelahnya. Jadi, lain kali kalau beli bubble tea ada baiknya Anda meminta untuk less sugar.

Tidak Bisa Tidak Makan Dessert

Sad to say, memesan dessert yang manis setelah makan ternyata bisa membuat Anda gemuk. Alasannya sama seperti gula, dessert yang manis terkadang tidak dapat memuaskan nafsu makan. Jika memang ingin sesuatu sebagai makanan penutup pilih saja buah, yoghurt yang rendah lemak dan gula, atau dark chocolate.

Anda Kurang Tidur

Memang sih sulit rasanya untuk tidur teratur setiap malam. Hanya saja, kurang tidur bisa mengacaukan hormon leptin dan ghrelin yang keduanya mempengaruhi nafsu makan Anda. Plus, kebiasaan ini juga sering kali membuat Anda ingin makan saat tengah malam.

Sering Makan Tengah Malam

Ini bukan mitos, ladies. Makan tengah malam memang bisa membuat angka timbangan terus bertambah. Ini terutama karena tubuh tidak bisa membakar kalori ekstra secara efektif saat malam hari. Tidak hanya itu, makan tengah malam juga bisa memperbesar risiko Anda terkena penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Tidak Memperhatikan Porsi Makanan

Jangan sepelekan porsi makanan, dear. Malah ini jadi hal penting kalau Anda ingin menurunkan berat badan. Tanpa disadari Anda sering lho makan dengan porsi berlebih. Usahakan untuk makan dengan porsi yang sama setiap saat. Misalnya, dengan menggunakan piring atau tempat makan yang sama setiap kali makan, dan memperhatikan ukuran takaran saji saat membeli makanan.

Anda Makan Saat Stress

Makan satu (atau mungkin tiga) scoop es krim saat sedang bad mood mungkin memang bisa membuat Anda merasa lebih baik. Namun, kebiasaan makan saat stres adalah ide yang buruk. Saat stres kemungkinan besar Anda akan makan lebih banyak dan biasanya Anda akan memilih makanan yang tidak sehat. Ummm, junk food mungkin?

[sumber Cosmopolitan Indonesia | foto istockphoto.com]

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM melalui streaming di sini, atau download melalui iOS dan Google Play Store!

Baca juga:
Sam Smith curhat lewat lagu “Too Good At Goodbyes”
Reebok berkolaborasi dengan Ariana Grande
Behadam is expecting baby number 2!

Share it

LEAVE A REPLY