Kenali 5 jenis bedak wajah dan kegunaannya

Kenali 5 jenis bedak wajah dan kegunaannya

5476

Sudah tahukah Anda tiap fungsi dari bedak wajah yang tersedia di pasaran? Dari sekian banyaknya jenis bedak wajah, nggak semua cocok untuk kulit dan kebutuhan Anda. Sebelum salah beli, baca dulu hasil penelusurannya di bawah ini!

1. Loose Powder

Loose powder atau bedak tabur merupakan bentuk bedak paling awal. Dengan tekstur yang ringan dan lembut, jenis bedak ini jadi favorit para makeup artist professional karena hasil akhir yang dihasilkan membuat kulit terlihat sangat halus.

Untuk sehari-hari, loose powder jadi pilihan karena hasilnya terlihat natural dan lebih “menyatu” dengan kulit. Ini terjadi karena teksturnya yang sangat halus dan partikelnya lebih kecil, sehingga menutup pori dengan baik. It doesn’t look heavy at all!

Loose powder juga tahan lama, lho! Sayangnya, loose powder biasanya mengandung minyak, sehingga untuk pemilik kulit berminyak kurang disarankan menggunakan loose powder, karena akan membuat wajah terlihat extra shiny!

2. Pressed/Compact Powder

Bisa dibilang “bedak sejuta umat” karena kebanyakan dari kita pasti memilih untuk menggunakan dan membawa jenis bedak ini di dalam tas makeup.

Dengan tekstur yang lebih padat dan berat dibandingkan loose powder, compact powder ternyata memiliki beberapa kelebihan juga, kok!

Compact powder biasanya dilengkapi dengan berbagai kandungan dan nutrisi bermanfaat seperti vitamin E, pelembap, dan lain-lain. Maka, akan sangat baik bagi pemilik kulit kering untuk menggunakan jenis bedak ini.

3. Two-Way Cake Powder

Kalau Anda menginginkan bedak yang berfungsi dan memiliki efek yang mirip dengan foundation, pilihlah two-way cake powder.

Jenis bedak ini menghasilkan tampilan matte yang tahan lama, serta memiliki daya coverage yang tinggi. Selain bisa menutup ruam pada wajah, bintik hitam, dan bekas jerawat juga dapat ditutup.

Sebaiknya two-way cake powder nggak dipakai setiap hari, karena berpotensi menutup pori dan menimbulkan jerawat kalau nggak benar-benar dibersihkan dari wajah.

4. Translucent Powder

Sering mendengar nama ini tapi nggak yakin fungsinya? Translucent powder digunakan untuk “mengunci” primer, foundation, dan concealer yang telah diaplikasikan pada wajah.

Jangan khawatir terlihat ketebalan, translucent powder nggak akan menambah warna pada kulit karena warnanya akan menjadi bening setelah diaplikasikan pada kulit dan terkadang agak mengilap.

Kalau nggak ingin repot, translucent powder sebenarnya dapat digunakan juga sebagai finishing powder.

5. Mineral Powder

Dari namanya kita sudah tahu bahwa bedak ini mengandung mineral. Teksturnya yang sangat kecil terbentuk dari mineral yang dihancurkan.

Mineral sendiri memiliki khasiat untuk kulit seperti menghindari iritasi. Tingkat coverage-nya normal sehingga memberikan kulit kesempatan untuk “bernapas”. Untuk pemilik kulit sensitif, bedak ini dibuat untuk Anda!

[Editor Gabriella Sakareza / sumber Cosmo Girl Indonesia | foto photobucket.com]

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM melalui streaming di sini, atau download melalui iOS dan Google Play Store!

Baca juga:
Ramalan bintang 30 Agustus – 6 September 2017
Pilihan kosmetik terbaru musim ini
Victoria’s Secret 2017 akan diselenggarakan di Shanghai

Share it

LEAVE A REPLY