Kenali tipe bullying dan cara menghadapinya

Kenali tipe bullying dan cara menghadapinya

1367

Cosmoners, dalam talkshow Life Balance di Happy Hour, Jumat (23/8), Cosmopolitan Expert Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPEd, dari Diana & Associates mengajak Anda untuk mengenali tipe-tipe pelaku cyber bullying.

Ternyata bullying yang biasanya disebabkan oleh rasa senioritas, kepemilikan, kedudukan, dan kepintaran, dilakukan pelaku untuk menutupi kekurangannya lho. Biasanya, pelaku dan korban itu memiliki ketakutan yang sama. Sayangnya, rasa takut tersebut muncul dengan cara yang berbeda.

Ada banyak tipe-tipe pelaku bullying yang perlu Cosmoners ketahui. Berikut tipe-tipenya:

  1. Bully fisik Tipe ini adalah tipe pelaku bullying dengan melakukan kekerasan fisik. Biasanya bully seperti ini dilakukan dengan memukul korban.
  2. Bully psikologis melakukan bully secara mental, akan mempengaruhi langsung ke mental Si Korban. Seperti mencemooh, mengejek, atau menyindir.
  3. Bully ekonomi biasa dilakukan dengan ‘memalak’. Yaitu dengan meminta uang dan traktiran secara paksa kepada korban.

Setelah mengenali tipe-tipe bullier, inilah cara menghadapi para pelaku bullying:

#1 Hadapi dengan berani
Tanyakan kenapa dan alasan mereka bullying. Para bullier biasanya melakukan bully karena menganggap korban takut dan tidak melawannya. Sebaliknya, jika korban berani untuk melawan, maka pelaku akan takut dan berhenti.
#2 Cari penengah yang tepat
Jika tak berani melawan secara langsung, carilah penengah atau mediator dan support system. Dengan bukti yang kuat, maka Anda akan dibela.
#3 Memposisikan diri lebih tinggi
Dengan memposisikan diri lebih tinggi dari bullier, maka para pelaku akan kalah power.

Bagi korban bully, sebaiknya jangan pernah menyerah ya dan tetap semangat untuk bangkit bagaimanapun caranya!

[teks Dessyana Kosasih | foto newsroom.edu]

Share it

LEAVE A REPLY