Kendalikan emosi saat mendidik anak

Kendalikan emosi saat mendidik anak

1634

Mengendalikan emosi dihadapan anak kita pasti sangat diperlukan, terlebih anak akan mencontoh dari sikap dan sifat kita.

Terkadang perbuatan anak yang tidak kita inginkan, membuat kita emosi dan malah melampiaskan kepada si anak.

Dalam Parenthink bersama Mona Ratuliu kali ini membahas bagaimana mengendalikan emosi dalam mendidik anak.

Jika kita salah, bisa saja si anak malah akan semakin melunjak, tidak mendengarkan kita bahkan bisa sampai tak nyaman dengan orang tuanya.

Ada beberapa tips mengendalikan emosi dalam mendidik anak.

  1. Membuat kesepakatan bersama pasangan untuk tidak memarahi anak sekalipun dalam keadaan emosi. Kita bisa mengingatkan ketika salah satu pasangan dalam keadaan emosi atau bisa menjauhi anak sementara ketika sedang emosi dan biarkan pasangannya yang mengurus si anak.
  2. Coba untuk menulis kekurangan dalam didikan orang tua kita yang berimbas buruk pada diri kita agar bisa disepakati dan dirundingkan bersama pasangan agar tidak terulang kepada anak kita.
  3. Jika emosi kita sedang meluap, pergilah dahulu ke tempat lain atau mintalah anak untuk bermain dahulu di tempat lain. Jangan menasihati anak dalam keadaan emosi.
  4. Buatlah peraturan yang telah disepakati bersama anak seperti perbuatan tidak baiknya akan mendapatkan konsekuensinya, jika ia sudah meninggalkan kebiasaan buruknya berikanlah ia reward agar ia berpikir meninggalkan hal buruk itu menyenangkan.

Cosmoners, yuk terus dengerin Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini! [teks Hardianti Budhi | foto yourekavach.com]

Baca juga:
Seksi dan bergaya dengan satin
Ini penjelasan atas pertunjukan canggung Mariah Carey!
James Franco menjadi milyuner nyentrik dalam “Why Him?”

Share it

LEAVE A REPLY