Makanan Sisa Dibuang Atau Disimpan?

Makanan Sisa Dibuang Atau Disimpan?

580
CFM AsktheExpert FamilyEatingDinner

Setelah selesai menyantap makanan, kadang masih ada makanan yang tersisa di piring saji atau Anda. Sebenarnya sayang kan kalau makanan tersebut dibuang. Chef Winnie Kusumawardhani pun memberi beberapa info dan tips untuk menyisakan makanan tersebut. Kalau Anda ingin menyimpannya, gunakanlah storage container yang kedap udara untuk wadah penyimpanannya. Jangan lupa untuk memberikan tanggal agar Anda ingat kapan menyimpannya sebelum dimasukkan ke dalam kulkas ataupun freezer.

Apabila makanan tercampur dengan bahan-bahan mudah basi; seperti tomat segar, sebaiknya pisahkan bahan tersebut dari makanan yang akan disimpan agar tidak memengaruhi bahan lain yang ada didalamnya. Simpan sisa makanan maksimal 2 hari di dalam kulkas dan 5 hari di dalam kulkas. Semakin lama kita menyimpan makanan, maka akan semakin banyak kandungan gizinya berkurang.

Sementara untuk seafood, “Saya merekomendasikan Anda untuk segera menghabiskannya. Proses penyimpanan yang salah bisa berbahaya jika Anda ingin mengonsumsinya kembali. Seafood,” ujar Chef Winnie. Seafood adalah salah satu bahan makanan yang mudah rusak dan dapat menyebabkan keracunan makanan jika tidak diproses secara benar. Mengonsumsi makanan sisa akan membuat Anda merasa bosan, jadi sebaiknya Anda mengolahnya menjadi makanan lain. Di akhir insertnya, Chef Winnie menyarankan agar Anda membuat makanan secukupnya yang sekiranya dapat habis dalam sekali makan.

Dengarkan tip dan info memasak lainnya di insert Sweet Recipe bersama Chef Winnie Kusumawardhani, hanya di 90.4 Cosmopolitan FM.

Share it