Marie Thomas, Dokter Perempuan Pertama Indonesia Yang Ada Di Google Doodle

Marie Thomas, Dokter Perempuan Pertama Indonesia Yang Ada Di Google Doodle

62

Saat Cosmoners membuka laman pencarian Google hari ini, maka akan muncul gambar ilustrasi sosok dokter perempuan yang sedang menggendong bayi mungil. Dia adalah Marie Thomas, seorang dokter perempuan pertama di Indonesia. Marie lahir di Desa Likupang, Sulawesi Utara, tepatnya pada 17 Februari 1896.

Marie menyelesaikan pendidikan di Sekolah Pendidikan Dokter Hindia Belanda (STOVIA), saat itu dia harus bersaing dengan laki-laki, pasalnya belum ada peserta didik perempuan yang bersekolah disana. Bahkan ketika Marie mendaftar di sekolah tersebut, dia menjadi satu-satunya siswi perempuan dari sekitar 200 siswa laki-laki. Setelah dua tahun kemudian, barulah ada siswi yang berdatangan karena adanya perubahan kebijakan.

Marie Thomas

Marie melanjutkan kariernya dengan menorehkan prestasi yang luar biasa sebagai salah satu dokter pertama yang memperkenalkan metode kontrasepsi baru. Seperti IUD (intra uterine device), kepada perempuan di seluruh nusantara.

Marie Thomas

Saat itu Marie dikenal sebagai dokter yang dermawan, karena sering menggratiskan biaya pasien yang tak mampu membayar perawatan. Dia tampak begitu jatuh cinta dengan pekerjaannya, sehingga tidak begitu memikirkan upah yang didapat. Saking cintanya, Marie Thomas mendirikan sekolah kebidanan pertama di Sumatera bersama sang suami Mohammad Josef.

Marie Thomas

“Selamat ulang tahun, Dr Marie Thomas. Terima kasih atas dedikasi tanpa pamrih Anda untuk kehidupan orang lain yang telah membuka jalan bagi perempuan di Indonesia untuk mengejar kedokteran dan pendidikan tinggi,” demikian ucapan yang tertra dalam perayaan yang diberikan Google Doodle untuk salah satu perempuan hebat Indonesia.

Sumber

 

 

Share it

LEAVE A REPLY