Membuka Startup Kecil Lebih Menguntungkan

Membuka Startup Kecil Lebih Menguntungkan

749
CFM SRS HomeDecor Wired

 

Satu topik yang sering jadi pertimbangan Anda saat memulai usaha adalah modal usaha. Ide bisnis, rencana untuk menjalaninya, serta supplier sudah tahu mengambil dari mana. Kemudian, uang untuk investasi di awal dari mana ya? Uang sendiri atau pinjaman? 

Beberapa bisnis memang capital intensive, atau memang baru bisa jalan kalau modal besar di awal terus disediakan. Cosmopolitan Expert dari dreamLab Brand & Strategic Retail Consulting Paulina Pungky mencontohkan, “Misalnya bisnis restoran. Di awal orang harus menyiapkan dana untuk sewa tempat, bangun physical restorannya, dekorasinya, beli peranti dapur, piring-piring, dan masih banyak lagi. 

Untuk business capital intensive seperti ini mau tidak mau harus memberikan dana besar. Kalau Anda memiliki dana sendiri, itu lebih baik, karena Anda sendiri yang menanggung risikonya. Tapi kalau dana sendiri kurang cukup, maka Cosmoners bisa mencari investor. Namun Anda perlu sadar, ketika Anda melibatkan investor maka risiko bisnisnya akan jadi lebih besar. 

Kalau Anda keberatan menerima risiko yang besar, Cosmoners juga bisa memilih bisnis lain yang capital intensive-nya lebih kecil di awal. Misalnya, bisnis online kecil-kecilan yang sekarang sudah banyak sekali macamnya. Misalnya dari mulai bisnis makanan, pakaian, elektronik, home decor, dan masih banyak lagi. 

Ingin memulai bisnis seperti ini? Pungky menyarankan Anda untuk start small and bootstrap. Start small adalah Anda perlu memulainya dengan skala yang kecil dan dengan dana sendiri dan risiko kecil. Sementara yang dimaksud dengan bootstrap adalah dari mulai dengan skala kecil tadi, dengan dana sendiri, setiap ada keuntungan dimasukin kembali lagi sebagai modal tambahan, supaya makin lama semakin besar. Memang perkembangannya lebih lama sih. Organik, tapi lebih aman. Karena tidak melibatkan pinjaman apapun. 

Ingin tahu tips lain memulai bisnis kecil Anda? Ayo dengarkan Smart Retail Startup bersama Paulina Pungky, setiap Selasa, pukul 07.30-08.30 WIB, hanya di Breakfast Club, 90.4 Cosmopolitan FM.

Sumber foto: http://www.wired.com/images_blogs/business/2012/11/121127_sesame_007.jpg

Share it