Mengatur keuangan di bulan Ramadhan

Mengatur keuangan di bulan Ramadhan

881

Meskipun banyak penghasilan yang didapat selama bulan puasa, tetapi banyak juga yang mengeluh karena pengeluaran ternyata lebih besar dari penghasilan yang didapat.

Masih di Financial Checklist kali ini bersama dengan Prita Ghozie membahas tentang keuangan yang tetap aman di bulan Ramadhan.

Bagi yang tinggal di kota Jakarta ini memang sudah pernah disurvei. Jadi, memang ada statistik yang dilakukan tahun 2013, bahwa pengeluaran rata-rata di Jakarta saat bulan Ramadhan mengalami peningkatan di cost kuliner.

Selama bulan Ramadhan, secara statistik memang naiknya sekitar 30-40%. Kalau penghasilan kita tidak tambah, maka harus ada cost pengeluaran orang lain yang kita tekan.

Masalah setiap orang di bulan puasa itu adalah pendapatannya bertambah, padahal sebetulnya gaji yang didapat tidak berbeda jauh, hanya yang membedakan saat bulan Ramadhan kita mendapatkan THR.

Nah, gaji yang didapat memang harus digunakan untuk kebutuhan kita selama bulan puasa. Kegiatan lain seperti buka bersama, tidak diharuskan untuk memakai gaji bulanan yang didapat.

THR itulah yang dipakai untuk kebutuhan lain seperti mudik, atau bahkan memberikan THR lagi kepada orang lain.

Cosmoners juga harus bisa memisahkan uang. Contohnya, gaji yang didapat bisa disimpan dalam rekening, serta uang THR disimpan di rekening lain supaya tidak tercampur.

Di bulan puasa ini, juga banyak masyarakat yang menggadaikan barangnya. Menggadaikan barang juga merupakan hal yang cukup aman untuk kita ingin mendapat tambahan.

Namun yang harus diperhatikan yaitu, memperhatikan durasi penggadaian. Jangan sampai pada saat kita tebus, kita telat membayar karena biaya yang akan dibayar bisa melebihi dari harga yang ditentukan.

Dalam perencanaan keuangan memang menggadaikan barang dianjurkan bilamana kita terpaksa untuk berhutang. Menggadaikan barang juga merupakan alternatif pembiayaan atau pinjaman yang memang disarankan, jika memang perlu pinjaman uang.

Kita juga harus bisa memilih barang mana yang efektif untuk digadaikan seperti logam mulia. Kalau Cosmoners memiliki deposito, juga bisa digadaikan tidak hanya berbentuk perhiasan.

Cosmoners, yuk terus dengerin Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

[teks Miranti | foto cermati.com]

Baca juga:
Gaun fantastis Nicole Kidman rancangan Dior
Alexa Chung siap luncurkan fashion line akhir Mei ini
6 Alasan untuk tetap berolahraga saat hamil

Share it

LEAVE A REPLY