Micro-cheating dan cara pencegahannya

Micro-cheating dan cara pencegahannya

137
Kenali-Micro-cheating

Dalam menjalin sebuah hubungan, tak pelak masalah kecil hingga besar bisa terjadi hingga emosi kian tinggi. Apalagi jika masalah yang ada, datang dari orang ketiga dan menjurus pada perselingkuhan.

Rumitnya lagi, perselingkuhan ternyata bisa dilakukan dengan sadar atau pun tanpa disadari oleh pasanganmu. Bukan tanpa alasan, era digital yang semakin maju, memungkinkan pasanganmu untuk melakukan micro-cheating.

Dilansir dari HuffPost Australia, seorang pakar kencan, Melanie Schilling menjelaskan apa itu micro-cheating. Micro-cheating adalah perselingkuhan yang memfokuskan diri kepada orang di luar dari hubungan yang sedang dijalani.

Micro-cheating adalah beragam tindakan yang terlihat kecil, namun mengindikasi seseorang secara emosional atau fisik berfokus pada orang di luar dari hubungan mereka,” jelasnya.

Hal ini juga termasuk jika pasangan atau dirimu bertukar pesan dengan orang lain tanpa sepengetahuan pasangan masing-masing. Atau parahnya lagi, menutupi status yang sedang dijalani kepada orang lain.

Mengawasi pasanganmu secara berlebihan, tentu bisa membuatnya merasa risih dan membuatmu menjadi orang yang posesif. Lalu bagaimana cara mencegah micro-cheating?

Dilansir dari Daily Mail, Melanie mengungkapkan bahwa, micro-cheating dengan hubungan pertemanan pada umumnya memang terlihat saru. Namun sebetulnya, dua hal ini sangat mudah untuk dibedakan. Dengan berpikir rasional dan objektif kamu bisa menemukan perbedaan tersebut.

“Kuncinya di sini adalah bersikap objektif dan rasional, daripada subyektif dan emosional. Menyudutkan tuduhan dan penghinaan tanpa bukti, tidak akan membawamu ke mana pun,” sarannya.

Ia juga menambahkan, “Lebih spesifik tentang perilaku yang telah kamu amati, jelaskan apa yang mereka buat pada perasaanmu dan mintalah apa yang Anda inginkan.”

Meskipun micro-cheating telah ada sejak lalu, namun dengan hadirnya berbagai aplikasi chatting dan media sosial membuat perselingkuhan ini bisa saja terjadi. Untuk itu saling berkomunikasi, terbuka, dan saling menjaga perasaan satu sama lain menjadi kunci utama agar hubunganmu terhindar dari orang ketiga atau masalah perselingkuhan.

Sumber artikel dari Her World Indonesia

Share it

LEAVE A REPLY