Pentingnya menjadi pribadi yang tak tergantikan

Pentingnya menjadi pribadi yang tak tergantikan

Menjadi pribadi yang selalu dikenang pasti jadi impian semua orang

1058

Menjadi pribadi yang tidak tergantikan pasti menjadi keinginan semua orang, termasuk dalam dunia kerja. Pasti Cosmoners mau kan jadi seorang profesional yang membuat perusahaan berat untuk menggantikan posisi Anda?

Novita Angie, Lembu Wiworojati dan Alexander Sriwiyono memberikan trik ‘Becoming an Irrreplacble Professional’ di Cosmopolitan Career, Breakfast Club.

Kenapa sih menjadi irreplaceable profesional itu penting? Di zaman sekarang, semua mudah untuk tergantikan. Bahkan bisa digantikan oleh siapa saja dan apa saja termasuk teknologi. Perusahaan saja tidak bisa selamanya bisa bertahan, bagaimana dengan karyawannya?

Nah, ini dia tips dari Cosmopolitan Expert Alexander Sriwijono dari Daily Meaning supaya Anda bisa menjadi profesional yang sulit tergantikan:

1. Special Person
Special person adalah profesional yang memiliki ‘soul’-nya sendiri dan berbeda dengan yang lainnya. Seperti contohnya adalah penulis JK Rowling dan atlet basket Michael Jordan. Mereka bukan hanya penulis dan atlet biasa, mereka memiliki ‘soul’ yang berbeda dengan penulis dan atlet lain. Hal ini yang menjadikannya sulit untuk digantikan dengan orang lain.

2. Specialized
Tipe specialized berbeda dengan special person. Specialized merupakan orang-orang yang memiliki kemampuan khusus yang tidak dimiliki oleh orang lain. Lalu bagaimana dengan pribadi yang generalist?

3. Generalist
Nah, bagi pribadi yang generalist, jangan takut! Menjadi pribadi yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, juga bisa menjadi pertimbangan perusahaan.

Sebuah organisasi bisa berubah seiring berjalannya waktu, nah sebelum itu terjadi, Cosmoners bisa mencari cara untuk mengantisipasi perubahan dan cara menanganinya. Apakah pekerjaan ini bisa dilakukan dengan cara yang lebih baru yang tentunya sesuai dengan kebutuhan industri.

Ada empat kriteria profesional yang biasa diperhatikan oleh perusahaan, seperti:

#1 Kriteria profesional yang ketika mengerjakan sesuatu, hanya untuk memenuhi tugasnya saja dan cepat pulang. Nah, tipe yang seperti ini yang harus dihindari Cosmoners! Karena akan mudah sekali untuk digantikan orang lain
#2 Memiliki motivasi ketika mengerjakan pekerjaannya. Misalnya motivasi agar apa yang dikerjakan membuat divisi dan tim naik kelas. Pribadi seperti ini patut untuk dipertimbangkan.
#3 Level organisasi. Pribadi yang berhasil membuat keuntungan kompetitif yang semakin naik. Tipe ini bisa lebih dipertahankan oleh perusahaan
#4 Memiliki kinerja yang bagus dan cerdas, tetapi kepribadiannya buruk. Perusahaan bisa mudah menggantikan orang ini, karena dapat membuat suasana tidak nyaman karena pribadinya yang tidak disukai banyak orang.

Jadi, selain memperhatikan kinerja di perusahaan agar menjadi profesional yang irreplaceable, memiliki kepribadian yang baik juga penting lho Cosmoners!

[teks Dessyana Kosasih|foto pixabay.com]

Share it

LEAVE A REPLY