Pentingnya sex education untuk si kecil

Pentingnya sex education untuk si kecil

1417

Di zaman yang sudah berkembang menyebabkan pola asuh mengurus anak yang juga semakin berbeda. Dengan adanya gadget, sang anak perlu mendapatkan perhatian yang lebih.

Kurangnya perhatian dan penyuluhan pada anak dapat menimbulkan masalah baru. Hal tersebut dapat muncul ketika banyak anak yang ternyata sudah melihat video dewasa yang tak sepatutnya dilihat.

Hal sensitif seperti sex education sudah sepatutnya diberikan pada anak sedini mungkin.

Dalam acara Parenthink bersama dengan Yara Aristi, Monaratuliu memberikan tips untuk Cosmoners agar si kecil mendapatkan penyuluhan mengenai sex education dengan baik.

Sex education bisa diberikan pada si kecil semenjak bayi. Ketika sedang membersihkan alat reproduksinya, cobalah untuk memperkenalkan apa fungsinya dan cara merawatnya.

Anak-anak memiliki tahapan dalam titik-titik kenikmatannya

#Tahapan pertama
Ketika lahir, titik nikmat berada di mulutnya. Titik kenikmatan ini berfungsi agar anak terdorong untuk menyusu.

#Tahapan kedua
Ketika fase pencernaan si kecil sudah lancar, titik nikmatnya akan berpindah ke anus untuk melatih untuk buang air besar dan kecil sendiri.

#Tahapan ketiga
Kesadaran akan tubuh berpindah ke kelamin. Jadi sang anak sudah menyadari perbedaan jenis kelamin. Tetapi, bukan secara seksual melainkan fisik.

Jika sang anak bercerita mengenai hal-hal yang berbau seks, itu merupakan momen pas untuk memberikan penyuluhan dan informasi mengenai fungsi alat reproduksi yang sebenarnya.

Memberikan informasi mengenai perbedaan pria dan wanita pada anak bisa dengan cara yang unik seperti dengan boneka atau gambar.

Cosmoners tak perlu malu atau takut jika ketika memberikan sex education pada anak. Cosmoners dapat melatihnya dengan bicarakan dengan suami atau berbicara dikaca agar tidak nampak panik atau kaget.

Cosmoners, yuk terus dengerin Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini! [teks Dessyana Kosasih | foto goodfun.su]

BACA JUGA :

When you become you’re co worker’s boss
Overprotective bisa membahayakan tumbuh kembang anak
Semakin dewasa semakin stres, masa sih?

Share it

LEAVE A REPLY