Pesona Brunei Darussalam dalam 3 hari 2 malam

Pesona Brunei Darussalam dalam 3 hari 2 malam

1247
Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien

Pulau berbentuk seperti burung, Borneo, menjadi pulau tempat tiga negara bernaung. Brunei Darussalam, Indonesia, dan Malaysia.

Bila dilihat dari sisi tingkat kemakmuran, Brunei menjadi nomor satu di antara ketiga negara tersebut.

Menurut data yang dikeluarkan laman The Richest tahun 2014, penghasilan rata-rata per tahun penduduk Brunei sekitar IDR 689 juta rupiah. Lewat pengelolaan sumber daya alamnya yang baik, Brunei berhasil mencapai tingkat kemakmuran ini.

Penasaran seperti apa wajah dan pesona negara kelima termakmur sedunia ini? Cosmoners bisa menjelajahi Brunei dalam waktu 3 hari 2 malam, lewat paket Golden Legacy yang ditawarkan maskapai nasionalnya, Royal Brunei.

Dalam paket ini, Anda akan melihat dua masjid termegah Brunei, yakni;

1. Jame’Asr Hassanil Bolkiah
Masjid terbesar di Brunei ini didirikan tahun 1988 dan resmi dibuka untuk umum pada 1994. Dibangun untuk merayakan kepemimpinan Sultan Brunei, Sultan Hassanal Bolkiah, yang memasuki masa kepemimpinan perak, 25 tahun. Dikenal juga dengan sebutan masjid Kiarong.

Terdapat 29 kubah emas menghiasi masjid ini. Dua kubah emas besar dan 27 buah kubah penutup menaranya yang mengelilingi bangunan utama. Dua sembilan mengandung arti, Sultan Hassanal Bolkiah adalah Sultan Brunei yang ke-29.

Ruang utamanya yang berornamen kaligrafi dan khas Arab ini mampu menampung lebih dari 3.500 jamaah. Terdapat lampu gantung kristal indah yang dilapisi emas, yang berasal dari Austria. Sementara di sisi timurnya juga terdapat ruang ibadah, tapi hanya cukup untuk 1.000 orang.

2. Sultan Omar Ali Saifuddien
Masjid ini menjadi bagian dari salah satu masjid terindah di dunia. Dibangun pada tahun 1958 dengan material terbaik. Pada kubahnya dilapisi emas murni, dan namanya dinamai sesuai nama Sultan Brunei ke-28 yakni, Sultan Omar Ali Saefudin III.

Ada dua jembatan berkelok untuk masuk menuju masjid ini, juga ada sebuah terowongan yang biasa digunakan Sultan untuk menuju ke pusat kota.

Selain dua bangunan keagamaan megah sebagai penanda kemakmuran negeri ini, Anda juga akan diajak melihat Istana Nurul Iman yang merupakan istana terluas di dunia.

Juga mengunjungi Kampong Ayer yang dijuluki Venesia dari Timur dan mengenal sejarah Brunei dalam kunjungan ke Brunei Museum.

Tertarik untuk ke sana Cosmoners? Klik tautan ini untuk detail itinerary-nya. [ADV]

 

Share it