Prinsip Pola Asuh Yang Perlu Anda Berikan Kepada anak

Prinsip Pola Asuh Yang Perlu Anda Berikan Kepada anak

552
Mengasuh Anak
Mengasuh Anak

Seorang anak akan mempunyai sifat dan kepribadian yang baik bergantung pada pola asuh yang diberikan kepada anak pada usia emas (golden age) di umur 1- 10 tahun. Dengan pola asuh yang baik maka akan yang membantu menumbuhkan rasa kepedulian, kejujuran, kemandirian, dan keceriaan pada diri anak.

Dalam prinsip utama pola asuh yang baik adalah dengan membesarkan dan mendidik anak dengan penuh kasih sayang. Berikut prinsip lainnya yang bisa Anda terapkan:

Luangkan Waktu Kepada Anak Setiap Hari

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa pola asuh utama adalah dengan kasih sayang, salah satu cara untuk menunjukan bahwa Anda menyayangi anak ialah dengan memberikan perhatian dengan meluangkan waktu bersama sang buah hati.

Jadi, sesibuk apapun Anda, luangkanlah waktu bersama anak Anda, tidak melulu harus bersama dengannya, Anda bisa memberikan perhatian seperti sarapan bersama, mengantarnya ke sekolah, datang ke setiap acara yang dilakukan anak sampai berbincang sedikit sebelum tidur.

Menjadi Panutan Yang Baik Bagi Anak

Mengasuh Anak

Menjadi panutan yang baok merupakan cara untuk mendidik anak, karena anak akan cenderung meniru apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Saat ingin menanamkan karakter posituf pada anak, berilah contoh yang baik kepada mereka.

Seperti contoh, selalu berkata jujur, beperilaku sopan dan santu kepada orang lain, serta membantu pertolongan kepada orang yang membutuhkan tanpa mengharapkan imbalan.

Baca Juga : Gaya personal zodiak: Gemini

Tidak Terlalu Memanjakan Anak

Mengasuh Anak

Perlu Anda ketahui bahwam tidak semua keinginan anak harus terpenuhi, jika dibiarkan terus menerus maka akan tertanam sifat manja pada diri anak. Hal ini akan berdampak buruk bagi anak ketika memasuki usia remaja, nantinya ia tidak siap untuk menghadapi permasalahan yang ada dan sangat bergantung kepada orangtuanya.

Mendisiplinkan anak adalah cara agar anak tidak manja, berilah pemahaman mengenai etika dan aturan. Saat anak melakukan kesalahan tegurlah secara verbal dan jangan menggunakan fisik, serta jika anak melakukan hal yang baik maka berilah pujian.

Tumbuhkan sifat kemandirian pada anak

Mengasuh Anak

Sering berjalannya waktu anak akan tumbuh menjadi orang yang dewasa, namun tak jarang ada anak yang telah memasuki usia dewasa tetapi masih sangat bergantung kepada orangtua. Oleh karena itu perlu ditanamkan sifat mandiri sejak dini.

Membuat karakter mandiri bagi anak dapat dilakukan dengan cara memberi anak kepercayaan, kesempatan dan apresiasi. Seperi ajarkan anak untuk merapikan mainan, tempat tidu dari kecil, saat ia melakukannya dengan baik berilah pujian kepada anak.

Dengan ini rasa percaya diri akan tumbuh dalam diri sang buah hati yang membuatnya siap untuk melakukan berbagai hal.

Tentukan Peraturan Di Rumah Dengan Menyertai Alasan

Mengasuh Anak

Aturan dapat membantu anak Anda untuk belajar membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Saat Anda memeberikan aturan, jelaskan juga alasan mengapa peraturan tersebut dibuat.

Misalnya harus mematikan listrik saat matahari sudah terbit, alasannya agar bisa menghemat energi dan menghemat biaya, atau tidak berlebihan dalam menggunakan gadget karena tidak baik untuk kesehatan. Mendisiplinkan anak sangat penting, namun tidak melakukan dengan cara yang terlalu keras, seperti melontarkan kata-kata kasar apalagi sampai memukulnya.

Share it

LEAVE A REPLY