Sejumlah benda sederhana yang bisa dijadikan mainan anak

Sejumlah benda sederhana yang bisa dijadikan mainan anak

600
Mainan Anak

Tidak ada pekerjaan anak-anak selain bermain, termasuk bayi Anda. Psikolog dan play therapist dari Fakultas Psikolog Universitas Indonesia, Mayke S. Tedjasaputra, mengatakan bahwa bermain adalah kegiatan apa pun yang tujuannya bersenang-senang. Tapi, di balik itu, selalu ada pelajaran berguna yang bisa dipetik.

Untuk bayi Anda, permainan tidak harus selalu mengandalkan benda-benda yang berasal dari toko mainan. Ada beberapa benda sederhana yang tentu ada di rumah Anda, yang mampu membuatnya tertawa dan bisa juga dimainkan oleh Si Kecil. Nah, benda-benda berikut ini tentunya ada di rumah Anda dan bisa menjadi mainan sederhana namun tetap menyenangkan untuk Si Kecil.

Kertas

Benda ini amat mudah ditemukan di rumah Anda. Berikan Si Kecil selembar kertas (kecuali kertas koran), mungkin ia akan terpukau sejenak, lalu mulai melambai-lambaikannya. Setelah itu, ia akan mencoba menyobek-nyobek kertas itu menjadi bagian-bagian kecil. Permainan ini bisa melatih ketangkasannya sekaligus membuat ia akrab dengan benda sehari-hari.

Ini pemainan yang tergolong aman, gerakan bayi yang belum sehalus orang dewasa membuat kemungkinan terluka karena kertas (paper cut) sangat kecil. Hanya saja, Anda harus menjaga agar robekan-robekan kertas itu tidak masuk ke mulutnya.

Mangkuk Stainless

Alat dapur ini pun bisa disulap menjadi mainan yang menyenangkan. Ada dua permainan yang bisa Anda lakukan dengan mangkuk stainless. Pertama, permukaannya yang mengilap dan memantulkan gambar bisa dijadikan permainan cermin untuk Si Kecil belajar mengenal dirinya.

Kedua, Si Kecil bisa menciptakan bunyi-bunyian nyaring dengan memukul mangkuk atau menciptakan bunyi-bunyian menarik lainnya dengan cara menggeser mangkuk di atas lantai.

Rol Tisu Gulung

Rol pada gulungan tisu juga memiliki daya tarik bagi bayi. Bentuk bangun silindernya yang menarik dan bagian tengahnya yang berlubang juga memudahkan Si Kecil untuk memegang. Di mata bayi, bentuk rol tisu bukan sesuatu yang menarik untuk dimakan.

Hal lain yang menguntungkan, rol tisu terbuat dari karton sehingga aman dimainkan bayi. Bayi senang mengadu benda apa pun yang dipegangnya dengan benda lain. Nah, rol gulungan tisu ini dapat diadu tanpa menimbulkan bahaya.

Botol Plastik

Banyak botol plastik kosong di sekitar Anda, bisa botol bekas minuman ringan, sampo, atau losion. Sebelum menjadi sampah, Anda bisa menjadikan botol-botol itu sebagai mainan Si Kecil. Botol berukuran kecil dapat ia mainkan dengan cara dipegang, sementara botol besar dapat diguling-gulingkan atau dipukul-pukul seperti alat musik.

Bola

Di usia 5-6 bulan atau ketika ia mulai duduk, bayi Anda biasanya sudah pandai memegang. Anda mulai bisa mengajarkannya menangkap bola. Bola apa pun bisa Anda jadikan mainan Si Kecil, asalkan ukurannya cukup besar sehingga tidak mungkin tertelan olehnya.

Dudukkan ia di hadapan Anda dengan bola berada di tengah-tengah. Lalu, oper bola ke arahnya, biarkan ia menangkap. Awalnya, mungkin Anda harus mengambil sendiri bola itu darinya untuk kemudian Anda oper lagi pada Si Kecil. Sebab, umumnya bayi lebih dahulu bisa menangkap sebelum bisa mengoper.

Anda

Sebagus apa pun mainan yang Anda berikan kepadanya, Anda tetaplah mainan yang paling ia sukai. Anda tak harus berbuat apa-apa, Si Kecil akan senang memainkan hidung, mulut, mata, sampai telinga Anda.

Jika ia mulai bosan, masih banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk tetap menghiburnya, misalnya memainkan ekspresi wajah, bermain ciluk ba, bertepuk tangan, atau melompat-lompat mengelilinginya sambil bernyanyi.

Ia akan mengapresiasi setiap usaha yang Anda lakukan sampai terkekeh-kekeh. Bukankah itu yang membuat hidup Anda lebih bergairah? Selamat bermain dengan Si Kecil, Moms! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

Sumber artikel dari Mother and Baby Indonesia

Share it

LEAVE A REPLY