Tak Berhenti Tuai Kontroversi, Kini Squid Game Dituding Sebarkan Kebencian Terhadap Perempuan

Tak Berhenti Tuai Kontroversi, Kini Squid Game Dituding Sebarkan Kebencian Terhadap Perempuan

473
Squid Game Dituding Sebarkan Kebencian Terhadap Perempuan

Squid Game kini sedang menjadi perbincangan banyak pihak lantaran sukses mengundang banyak penonton dari seluruh penjuru. Selain itu, serial ini menarik ditonton sebab ceritanya mengangkat realita kehidupan masyarakat yang membutuhkan uang dengan cara cepat.

Dibalik ketenarannya itu, ternyata Squid Game juga mencatat beberapa kontroversi besar yang juga turut menjadi sorotan banyak orang. Kontroversi yang dikaitkan dengan Squid Game antara lain tundingan plagiatisme dan penyebaran nomor telepon tanpa sepengetahuan yang punya.

Tak berhenti di situ, Squid Game kembali dinilai mengundang kontroversi oleh netizen Korea setelah menayangkan adegan panas antara Han Minyeo (Kim Joo Ryoung) dengan Jang Deok Su (Heo Sung Tae).

Squid Game Dituding Sebarkan Kebencian Terhadap Perempuan

Adegan itu terdapat pada episode empat Squid Game, terjadi saat Han Minyeo menggoda Jang Deok Su untuk melakukan hubungan intim di kamar mandi.  Permintaan itu dilakukan Han Minyeo lantaran  dirinya ingin Jang Deok Su untuk membantunya memenangkan permainan yang mempertaruhkan nyawa itu.

Netizen Korea menilai adegan di kamar mandi itu adalah sebuah misogini lantaran menjadikan wanita sebagai objekfikasi seksual untuk mendapatkan apa yang diinginkan oleh sang wanita tersebut.

Selain itu, netizen Korea juga menyangkal episode tujuh Squid Game yang menjadikan wanita sebagai objek sebab menampilkan para pemain figuran wanita dengan kondisi setengah telanjang dengan baluran body paint ditubuhnya dan diam mematung.

Lalu para figuran wanita itu diijak oleh para VIP, hal itu dinilai kembali sebagai sesuatu bentuk yang menjatuhkan martabat seorang wanita.

Namun sang sutradara Squid Game, Hwang Dong Hyuk enggan satu pendapat dengan netizen Korea. Hwang Dong Hyuk menyangkal semua tundingan netizen Korea itu. Menurutnya apa yang dilakukan oleh Han Minyeo adalah gambaran manusia yang mau melakukan apapun untuk bertahan hidup di dalam situasi sulit

Squid Game Dituding Sebarkan Kebencian Terhadap Perempuan

“Itu menunjukkan tindakan seseorang yang bisa melakukan apa saja dalam situasi ekstrim. Aku pikir itu adalah tindakan yang dilakukan manusia saat ditempatkan dalam situasi terburuk,” ujar Hwang Dong Hyuk, dikutip dari Koreaboo.

Baca Juga : Debut Catwalk Dijalani Putri Steve Jobs Di Paris Fashion Week

Untuk episode tujuh yang dinilai menjadikan wanita sebagai objek. Hwang Dong Hyuk menilai wanita figuran itu adalah gambaran kaum elit atas merendahkan manusia.

“Aku pikir itu adalah adegan yang menampilkan orang-orang dengan kekuasaan dan seberapa jauh mereka merendahkan manusia. Tidak semua hiasan yang dilukis adalah perempuan.”

“Setiap VIP pasti memiliki sosok perempuan dan laki-laki di sebelah mereka seperti hiasan. Tidak akurat untuk mengatakan itu adalah objektifikasi wanita. Aku menggunakan body paint untuk menunjukkan bagaimana para VIP mengobjektifikasi manusia,” lanjut Hwang Dong Hyuk.

 

Penulis: Raihan Aulia

Share it

LEAVE A REPLY