Terapi mengatasi craving saat diet

Terapi mengatasi craving saat diet

1198

Keinginan makan coklat, burger, daging dan lain-lain akan merusak diet kita. Craving butuh diatasi ketika diet kita sedang berjalan. Jika kita tergoda, akan sia-sia diet kita selama ini.

Dalam Health Club bersama Novita Angie, Lembu Wiworojati dan psikolog dari klinik Lighthouse Indonesia, Tara Adhisti de Thouars kali ini membicarakan mengenai bagaimana terapi mengatasi craving saat diet.

Craving adalah kondisi saat mengingikan suatu makanan di luar takaran diet.

Diet ketat sebenarnya mampu mengatasi craving, namun ada saatnya itu malah membuat batin kita marah dan balas dendam.

Jadi ketika kita sudah menyelesaikan diet, kita malah balas dendam makan menjadi 2 kali lipat, dan pada akhirnya berat badan pun semakin bertambah.

Sebelumnya, kita harus mengubah arti dari makanan tersebut.

Contohnya, dalam diet pikiran kita akan terus berpikir pada coklat dan berpikir coklat itu enak. Tapi kita harus mengubah arti dari coklat tersebut seperti memikirkan negatifnya.

Jadi, terapi mengatasi craving itu bisa dimulai dari:

  • Pertama, melakukan perencanaan yaitu seperti memastikan kalori yang kita konsumsi untuk sehari cukup atau tidak.
  • Kedua, mengontrol taste. Saat ingin memakan sesuatu, sebenarnya dengan mencicipinya saja sudah cukup, tanpa perlu memakannya dalam porsi penuh. Bagaimana saat sudah mencicipi kita dapat mengontrol untuk tidak mengonsumsinya lagi.

Pada dasarnya, melaksanakan diet perlu didampingi oleh dokter atau ahli gizi, agar bisa membantu kita. Seperti dalam mengatasi craving tersebut.

Tetapi jika menginginkan sesuatu secara emosional, misalnya mengonsumsi sesuatu agar terpuaskan itu perlu bantuan psikolog agar merubah pola pikir kita.

Jika Anda termasuk orang yang sulit mengontrol diri saat diet, akan lebih baik jika Anda konsultasi dengan psikolog.

Cosmoners, yuk terus dengerin Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini! [teks Hardianti Budhi | foto tstatic.net]

Baca juga:
Tingkatkan kesadaran Anda terhadap AIDS
Beyonce merilis video klip “All Night”
Debut Bella Hadid di Victoria’s Secret Fashion Show 2016

Share it

LEAVE A REPLY