Tiga kegiatan yang tak boleh terlewat saat ke Penang

Tiga kegiatan yang tak boleh terlewat saat ke Penang

668
George Town Penang Malaysia Aerial Scenic view from Penang Hill Panorama

Sejak dulu Penang telah menjadi wilayah perdagangan dari berbagai macam bangsa. Ia pernah dikuasai Inggris [1786] dan Jepang [1941], namun akhirnya bergabung dengan Malaysia [1948].

Penang terletak di pesisir barat daya Malaysia, merupakan wilayah jajahan Inggris pertama di Asia Tenggara. Ibukota Penang, George Town. Nama itu dipilih sebagai penghormatan terhadap Raja George III. Dan pada tahun 2008, George Town dianugerahi UNESCO sebagai World Heritage Site.

Dengan luas wilayah 1.031 kilometer persegi, menjelajahi Penang tak cukup dalam waktu sehari lho, Cosmoners! Tapi uniknya, penata kota Penang di abad ke-18 telah membuat mini jalan yang mencakup ragamnya budaya di sini.

Nama jalan itu adalah Jalan Masjid Kapitan Keling atau disebut juga Pitt Street, yang memiliki julukan ‘Street of Harmony’. Di jalan ini, Anda bisa melihat bangunan dari berbagai kepercayaan dengan ciri khas masing-masing. Bangunan itu di antaranya:

1. St. George’s Church. Ini adalah Gereja Anglikan pertama di Asia Tenggara yang dibangun pada tahun 1816.

2. The Goddess of Mercy Temple. Bangunan ini tidak terlalu jauh dari St. George’s Church. Didirikan pada tahun 1800 sebagai tempat spiritual bagi komunitas China.

3. Sri Maha Mariamman Temple. Dibangun di tahun 1833 dengan arsitektur bergaya India Drividian. Ini adalah kuil Hindu tertua di Penang.

4. Kapitan Keling Mosque. Masjid ini dibangun komunitas muslim Tamil. Desainnya campuran dari arsitektur kolonial dan budaya setempat.

Nah, kalau setelah jalan-jalan dan ber-wefie ria di Street of Harmony, Anda disarankan pula mengunjungi Penang Hill. Jaraknya tidak terlalu jauh, sekitar 10 kilometer dari Street of Harmony.

Menuju Penang Hill Anda harus menaiki Penang Hill Railway atau Penang Funicular Train, yakni kereta angkut yang berjalan lurus ke puncak setinggi 823 meter di atas permukaan laut.

Sesampai di atas, suguhan pemandangan George Town secara keseluruhan bisa dilihat dari sini dalam udara yang bebas polutan. Liburan semakin mengasyikan dengan mengikuti paket tur trekking ke dalam hutan tropisnya.

Di sini Anda  akan dipandu dengan ranger yang berpengalaman untuk menyaksikan keindahan flora dan faunanya. Selesai trekking ada sertifikat keberhasilan yang bakal Anda miliki.

Jangan beranjak pergi dulu sebelum mendapatkan kerajinan tangan khas Penang. Ada dua benda khas tradisional budaya Peranakan di Penang yang jangan sampai terlupa untuk dijadikan buah tangan, yaitu, selop manik-manik dan kebaya merek Nyonya.

Selop manik-manik Nyonya ini dibuat handmade sehingga membutuhkan ketelitian dan rasa seni yang tinggi. Salah satu kolektornya, Dr. Farish A Noor, menyebut selop-selop ini terlihat antik dan indah.

Sementara kebayanya dibutuhkan 5 jam untuk pembuatannya. Menurut pembuatnya, Nyonya Lily Yew Chooi Lian, “Kebaya adalah bagian dari warisan budaya saya, dan ini terlihat indah untuk semua acara. Karena itu saya mulai membuatnya sendiri sejak 3 tahun lalu.”

Berminat Cosmoners?  Oh iya, satu lagi yang seru dari Penang ini adalah,  ada hadiah senilai IDR 350 ribu untuk Cosmoners. Jawabannya ada dalam artikel ini. Untuk cara mengikuti kuisnya, Cosmoners bisa klik tautan ini. Good luck ya!

[teks @bartno | foto dollarphotoclub | mypenang.gov.my]

Share it