Tip Merawat Blender Agar Tahan Lama

Tip Merawat Blender Agar Tahan Lama

512
Sweet Recipe Blender - CFM

Jika beberapa saat lalu, Anda sudah belajar mengenal beragam jenis panggangan. Kini Chef Winnie Kusumawadhani mengajak Anda untuk mengenal Blender. Ini tentu merupakan salah satu peralatan dapur yang hampir selalu ada di rumah. Dengan menggunakan blender, maka proses persiapan memasak Anda akan lebih cepat. Agar proses memasak Anda tidak mengalami gangguan, Chef Winnie pun menjabarkan beberapa tipnya:

  1. Saat Anda menghaluskan bahan makanan atau bumbu dengan blender, sebaiknya potong-potong kecil terlebih dahulu, sehingga tidak terjadi penyumbatan di antara pisau pemutar di dalamnya. Terutama, apabila bahan tersebut mengandut serat yang tebal dan keras.
  2. Sebaiknya hindari menggunakan blender yang sama untuk menghaluskan bumbu atau bahan makanan dengan buah. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kontaminasi silang dan aroma yang menyampur.
  3. Sebelum menghaluskan bumbu yang berwarna pekat, sebaiknya olesi permukaan blender dengan minyak terlebih dahulu. Ini dilakukan agar warna pada bumbu tidak melekat pada permukaan.
  4. Saat menghaluskan bahan yang keras, gunakan tombol “pulse” untuk memudahkan blender saat bekerja.
  5. Pasang tutup wadah blender agar bahannya tidak memuncrat kemana-mana.
  6. Setelah menggunakan, bersihkan seluruh bagian blender. Caranya: lepas semua bagian blender selain motornya. Cuci satu per satu hingga benar-benar bersih. Hati-hati ketika Cosmoners mencuci pisau blender, perlakukanlah pisau blender seperi Anda mencuci pisau lainnya.  Biarkan sampai benar-benar kering, pasang kembali, lalu simpan di tempat kering.
  7. Periksa secara rutin oli dimensinya, terutama di bagian rotarinya.
  8. Sebelum menggunakan, bacalah terlebih dahulu buku panduannya, karena setiap brand blender mempuanyai karakteristik yang berbeda-beda. 

Dengarkan tip seputar memasak lainnya di insert Sweet Recipe bersama Chef Winnie Kusumawardhani, hanya di 904 Cosmopolitan FM.

Sumber foto: http://static.becomegorgeous.com

Share it