Tips Memilih Skincare yang Aman Untuk Kulit

Tips Memilih Skincare yang Aman Untuk Kulit

128

Kenali Jenis Dan Masalah Pada Kulit

Tips Memilih Skincare

Hal paling utama ketika memilih skincare adalah mengenali jenis kulit dan masalahnya. Pasalnya, setiap orang punya jenis dan permasalahan kulit yang berbeda. Anda harus mengetahui jenis kulit agar nutrisi yang dibutuhkan tidak salah.

Umumnya terdapat 5 jenis kulit dasar yaitu normal, berminyak, kering, kombinasi dan sensitif. Pilihlah skincare dengan nutrisi yang sesuai bagi permasalahan kulit Anda, jangan hanya ikut-ikutan rekomendasi brand tertentu tanpa mengetahui kandungan di dalamnya.

Teliti Melihat Komposisi Produk

Tips Memilih Skincare

Cara memilih skincare yang aman berikutnya adalah dengan jeli dan teliti melihat komposisi pada produk. Terkadang ada keterangan yang kurang jelas atau Anda tidak begitu mengerti bahwa skincare ini diperuntukan untuk jenis kulit yang mana.

Oleh karena itu jangan sungkan bertanya kepada sales mengenai hal tersebut. Seperti contoh kulit kering disarankan untuk tidak menggunakan produk yang mengandung alkohol dan kulit berminyak perlu menghindari kandungan oil-based pada skincare. Komposisi produk yang tidak sesuai dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit.

Pilih Produk Yang Mengandung Sunscreen

Tips Memilih Skincare

Meskipun akhir-akhir ini sering mendung, memilih skincare yang punya kandungan sunscreen perlu diperhatikan. Karena meski matahari tidak terik, kulit tetap membutuhkan perlindungan dari sinar UV.

Perlu diketahui bahwa sunscreen tidak dapat bertahan seharian pada kulit, sehingga gunakanlah sunscreen sesuai dengan petunjuk yang disarankan.

Perhatikan Tanggal Expired Produk

Tips Memilih Skincare

Produk skincare memiliki batas expired yang berbeda-beda tergantung dari bahan yang terkandung di dalamnya. Umumnya produk tersebut memiliki batas waktu sekitar 6-12 bulan, dan ada juga produk yang expired dalam waktu 24 bulan.

Oleh karena itu, Anda harus selalu memperhatikan tanggal expired agar terhindar dari efek samping pada kulitn akibat menggunakan produk yang tak layak pakai. Jika Cosmoners memiliki skincare yang tidak cocok, segera buang atau berikan kepada orang terdekat yang sudah pasti cocok dengan skincare tersebut.

Pastikan Produk Skincare Memiliki Izin BPOM

Tips Memilih Skincare

Cara memilih skincare yang aman berikutnya adalah dengan melihat izin edar dari BPOM pada kemasan produk. Memang tidak semuanya produk yang belum lulus uji BPOM berbahaya, namun untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda memilih produk yang sudah teruji kelayakannya.

Melihat Reaksi Kulit

Cara terakhir tentunya dengan melihat reaksi kulit setelah Anda menggunakan produk skincare tertentu. Sebagai contoh, jika Anda memiliki jenis kulit kering, belum tentu produk skincare yang digunakan cocok untuk Anda.

Cocok atau tidaknya sebuah produk tidak bisa di lihat secara instan. Maka dari itu Cosmoners harus mengamati haslilnya selama beberapa mingg. Selama tidak menimbulkan efek negatif gunakanlah secara rutin, namun jika terlihat efek negatif sebaiknya Anda berenti dan segera konsultasi ke dokter.

Baca Juga : Rekomendasi Drakor Bertema Keluarga Yang Wajib Ditonton

Itulah beberapa tips memilih skincare yang aman untuk kulit Cosmoners, kunci utama dalam merawat kulit adalah sabar, karena meskipun sudah menggunakan skincare yang tepat, hasilnya tidak dapat dilihat secara langsung, butuh waktu berminggu-minggu bahkan bulan untuk melihat perbedaannya.

Sumber

Share it

LEAVE A REPLY